Garut (ANTARA) - Arus balik di jalur utama dari arah Garut menuju Bandung lintas Leles-Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat ramai lancar pada H+4 Lebaran 2022, Sabtu sore.

Laju kendaraan mulai dari perkotaan Garut atau Bunderan Tarogong di Kecamatan Tarogong Kaler sampai dengan Leles cukup lancar dengan kecepatan sekitar 40 km per jam.

Arus kendaraan sempat tersendat di persimpangan jalan seperti di wilayah Leles atau kawasan Alun-alun dan Pasar Leles.

Baca juga: H+4 Lebaran 2022, arus kendaraan di jalur wisata Garut-Jabar lancar

Selain itu, laju kendaraan juga sempat tersendat dan terhenti sebentar di wilayah Kadungora karena ada perlintasan kereta api, selanjutnya laju kendaraan sempat tersendat karena ada persimpangan jalan Lingkar Kadungora.

Seorang pengguna jalan yang hendak menuju Bandung, Komara (60) mengatakan arus lalu lintas kendaraan cukup lancar tidak seperti diperkirakan sebelumnya bakal terjadi macet pada Sabtu.

"Alhamdulillah di jalan lancar, tidak macet," kata Komara di Kadungora.

Kepolisian Resor Garut telah menerjunkan sejumlah personel dibantu petugas dari instansi lain untuk mengamankan jalur di wilayah tersebut.

Baca juga: Arus balik di jalur nasional lintas Gentong Tasikmalaya padat

Selain itu, polisi juga mengalihkan arus kendaraan dari arah Bandung menuju Garut dengan mengarahkan ke jalur alternatif Lingkar Kadungora untuk menghindari kepadatan di jalur utama Kadungora-Leles.

Kepala Polsek Kadungora Kompol Krisna Irawan mengatakan jalur Kadungora yang berbatasan dengan Bandung sesekali diberlakukan sistem satu arah untuk mengurai kepadatan arus kendaraan di jalur Leles-Kadungora.

Polisi, kata dia, juga memberlakukan pengalihan arus kendaraan dari arah Bandung menuju Garut untuk melewati jalur alternatif Lingkar Kadungora, sedangkan dari arah Garut menuju Bandung tetap di jalur utama.

Baca juga: Jalur arus balik Malangbong diberlakukan satu arah urai kepadatan

"Bila mana terjadi kepadatan akan dilakukan penguraian, kami siap 24 jam pelayanan," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022