Jakarta (ANTARA) -
Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang mengapresiasi kinerja aparat kepolisian atas rekayasa lalu lintas (lalin) yang diterapkan Polri pada arus balik Lebaran 2022 dinilai cukup berhasil.
 
“Rekayasa lalu lintas Polri arus balik kali ini cukup berhasil. Setidaknya, biang kemacetan arus mudik di rest area dan gate tidak terjadi, meski memang sering ada mobil-mobil berhenti di bahu tol yang kadang membuat kepadatan," katanya dalam keterangan diterima di Jakarta, Sabtu.
 
Dia mengapresiasi upaya kepolisian dalam menjalankan tugasnya melayani para pemudik. Rustika mengaku berangkat dari Klaten, Jawa Tengah, pada Sabtu (7/5) sekitar pukul 08.45 WIB.
 
“Pukul 13.15 sudah di Tol Pejagan. Lumayan lancar,” kata dia.
 
Ia menilai pada arus balik Lebaran 2022 ini kepadatan cukup minim. Menurut dia, kepadatan sempat terjadi menjelang area peristirahatan ataupun di dekat keramaian saat berada di jalur alternatif Klaten-Boyolali.
 
“Kepadatan di Tol Kalikangkung Semarang pada arus mudik lalu sempat terjadi berjam-jam, kali ini tidak terjadi. Bahkan lancar sekali di siang ini,” kata Rustika.

Baca juga: Jasa Marga dukung sejumlah rekayasa lalin untuk Jalan Tol Transjawa
 
Ia juga mengaku merasakan kehadiran polisi di beberapa titik kemacetan. Menurutnya upaya petugas kepolisian di lapangan patut diapresiasi.
 
Tugas para polisi di lapangan dalam mengatur lalu lintas pada masa arus balik 2022 terbilang berat. Dia mengatakan ada jutaan pengguna mobil pribadi dan angkutan umum yang mudik pada tahun ini.
 
“Terima kasih, Pak Polisi,” kata Rustika.
 
Untuk memastikan arus balik berjalan lancar, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terjun langsung ke lapangan.
 
Pada Jumat (6/5) malam, Sigit meninjau kesiapan personel maupun rekayasa lalu lintas (lalin) dalam menghadapi arus balik Lebaran 2022. Sigit mengecek langsung ke Tol Cikampek KM 28.
 
Skema rekayasa lalu lintas satu arah sudah diberlakukan sejak Jumat (6/5) pukul 14.00 WIB mulai dari KM 414 Tol Kalikangkung hingga KM 47 Tol Cikampek, dilanjutkan dengan contraflow hingga KM 28.

Baca juga: Menhub ajak pemudik pulang setelah puncak arus balik cegah penumpukan

Dalam peninjauannya di ruas lajur terakhir Contraflow tersebut, Sigit berdiskusi bersama personel polisi lalu lintas dan memberikan pengarahan kepada jajaran yang bertugas di lapangan untuk mewujudkan arus balik yang aman dan lancar.
 
"Tolong dipastikan pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini berjalan dengan optimal. Ikuti segala perkembangan yang ada. Selamat bertugas, ciptakan arus balik yang aman dan lancar bagi seluruh masyarakat," kata Sigit.
 
Pada titik yang ditinjau tersebut, lalu lintas arus balik Lebaran 2022 terpantau masih dalam kondisi terkendali atau ramai lancar. Masyarakat yang melintas juga taat dan disiplin mengikuti instruksi serta rambu-rambu yang dipasang oleh petugas.
 
Sigit memastikan seluruh personel kepolisian telah diminta untuk memberikan pengamanan dan pelayanan optimal kepada masyarakat.
 
Semua upaya dan strategi tersebut, kata Sigit dilakukan demi memberikan situasi yang aman dan lancar kepada masyarakat yang kembali pulang, usai merayakan lebaran bersama keluarga di kampung halaman.
 
"Tentunya seluruh anggota akan bersiap di lapangan, dan melakukan evaluasi-evaluasi, sehingga proses arus balik, yang saat ini sudah mulai berjalan. Dan bahkan mulai tadi malam semuanya bisa berjalan dengan aman dan lancar," ujarnya.

Baca juga: Polres Cirebon prioritaskan kendaraan arah Jakarta dan Jawa Tengah

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022