Garut (ANTAR NewsA) - Longsor tanah tebing menimbun badan Jalan raya Bungbulang di Kampung Cidomas, Desa Mekarjaya, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu sekitar pukul 17.00 WIB, akibatnya akses jalan menghubungkan sejumlah kecamatan di Garut bagian selatan terputus.

Camat Bungbulang Uum Suhartini mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor yang terjadi sesaat setelah hujan deras melanda kawasan tersebut.

Longsoran tanah tebing menimbun badan Jalan Bungbulang setinggi dua meter dengan panjang sekitar 25 meter menyebabkan kendaraan roda dua maupun empat dari arah Kecamatan Cisewu atau Caringin tidak bisa melewati Bungbulang menghubungkan Garut kota.

"Akses jalan sementara tidak bisa dilewati, karena longsoran tanah menutup badan jalan," kata Camat.

Pihak kecamatan, kata Uum sudah melaporkan kejadian longsor tersebut pada pihak Pemerintah Kabupaten Garut untuk segera melakukan berbagai upaya oleh dinas terkait.

Menurut dia lokasi longsor di kawasan jalan diantara tebing tersebut memerlukan alat berat untuk mengangkut timbunan tanah yang cukup banyak.

Sementara upaya warga secara bergotong royong mengangkut tumpukan tanah dengan peralatan seadanya, kata Uum mengalami kesulitan.

"Untuk mengangkut tumpukan tanah longsor membutuhkan alat berat, karena kalau dilakukan warga dapat mengancam keselamatan, apalagi daerah sana itu rawan longsor," katanya.

Tertutupnya akses jalan menghubungkan wilayah Garut selatan menuju Garut kota maupun sebaliknya, menurut Uum para pengendara terpaksa harus melintasi jalur lain yang jaraknya lebih jauh melewati Kecamatan Pameungpeuk.

Jalur lain, kata Uum dapat melalui Kabupaten Bandung melewati Kecamatan Pangalengan yang selanjutnya akan menuju Kecamatan Cisewu yang jaraknya lebih jauh mencapai seratusan kilo meter lebih.
(U.KR-FPM/Y003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011