Banjarmasin (ANTARA) - Arus balik H+6 Lebaran 2022 di Terminal Tipe A Gambut Barakat, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan terpantau masih ramai, Senin pagi ini.

"Kalau pagi ini biasa ramai kedatangan dari tujuan Kalimantan Timur (Kaltim), belum tahun sampai sore nanti apakah masih sama," ujar Kepala Terminal atau Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Gambut Barakat Kalsel Daniel Bernhard di Banjarmasin, Senin.

Dia mengatakan kedatangan arus balik penumpang antarkota antarprovinsi, di Terminal Gambut Barakat masih tinggi daripada hari biasa atau libur Lebaran, namun dibandingkan dengan Minggu (8/5) ada penurunan.

"Jumlah total penumpang kemarin dengan kemarinnya memang menurun, tapi tidak signifikan, biasa keberangkatan yang tinggi, kemarin kedatangan yang tinggi, mungkin hari ini juga, sore baru bisa kita simpulkan," ujar Daniel.

Akan tetapi jika merujuk pada H+5 Lebaran, angka kedatangan penumpang antarkota antarprovinsi totalnya sebanyak 459 orang, sedangkan yang berangkat sebanyak 443 orang.

Ia mengatakan kenaikan tajam pada Minggu (8/5) adalah jumlah penumpang antarkota dalam provinsi, yakni, menggunakan layanan BRT Banjarbakula, BTS Trans Banjarbakula, dan Damri yang di atas 10 ribu penumpang.

Baca juga: Pemkot Madiun berangkatkan 15 bus balik gratis dari Kemenhub

Dia mengatakan hal itu akumulasi penumpang dengan tujuan perjalanan dari dan ke Banjarmasin, Banjarbaru, dan Bati-Bati, dengan Banjarmasin sebagai tujuan prioritas paling ramai.

Tercatat, kata Daniel, bus AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) yang beroperasi untuk kedatangan pada Minggu (8/5) itu, sebanyak 230 unit dengan jumlah penumpang sebanyak 5.191 orang, sedangkan bus AKDP yang beroperasi untuk keberangkatan 253 unit dengan jumlah penumpang sebanyak 5.046 orang.

Menurut dia, ada beberapa faktor yang menyebabkan masih ramainya kedatangan dan keberangkatan bus dan penumpang di Terminal Tipe A Gambut Barakat, di antaranya akhir pekan, di mana jumlah perjalanan biasanya mengalami peningkatan.

"Berbagai macam maksud perjalanan, dari pulang kampung, rekreasi, silaturahmi, bekerja dan lain-lain," ujarnya.

Ia mengatakan kedatangan penumpang dari Provinsi Kalimantan Timur tetap ramai baik kepulangan mudik dalam artian arus balik.

Selain itu, masih berlaku kebijakan gratis pelayanan bus AKDP,  Transbanjarbakula, yang menumbuhkan minat dan rasa keingintahuan masyarakat Banua dalam bertransportasi dari dan ke asal tujuan perjalanan.

Baca juga: Nihil laporan kriminalitas di Terminal Kalideres saat arus mudik-balik
Baca juga: H+4 Lebaran, 921 orang dan 58 bus tiba di Terminal Tanjung Priok
Baca juga: Menhub resmikan revitalisasi tiga Terminal Tipe A di Jawa Tengah

Pewarta: Sukarli
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022