wisatawan datang dari empat pintu masuk yang ada di wilayah sekitar Jakarta dan Tangerang
Jakarta (ANTARA) - Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu, Puji Hastuti, mengatakan Kepulauan Seribu dikunjungi 46.959 wisatawan selama sepuluh hari libur lebaran yakni pada 29 April - 8 Mei 2022,

"Sebanyak 46.959 pengunjung tersebut terdiri dari 46.368 wisatawan domestik dan 591 orang wisatawan mancanegara," kata Puji dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Puji mengatakan  wisatawan datang dari empat pintu masuk yang ada di wilayah sekitar Jakarta dan Tangerang.

Untuk Jakarta, di antaranya dari dermaga Marina Ancol sebanyak 7.959 orang, dermaga Kali Adem Pelabuhan Muara Angke 18.339 orang, sedangkan wilayah Tangerang yakni Tanjung Pasir berjumlah 17.907 orang, dan Rawa Saban 2.754 orang.

Puji menambahkan sejumlah wilayah Kepulauan Seribu menjadi destinasi favorit para wisatawan yang berdampak meningkatkan perekonomian warga setempat yang masih mengandalkan pendapatan mereka dari sektor pariwisata.

Adapun lokasi favorit itu ada di area jembatan cinta di Pulau Tidung, kemudian Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Harapan dan Pulau Pramuka.

Untuk menghindari penularan COVID-19, para pelaku usaha wisata dan wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Seribu diwajibkan menerapkan protokol kesehatan saat berwisata.

“Penerapan protokol kesehatan tetap kami informasikan kepada wisatawan, khususnya kepada para pelaku wisata, mengingat masih ada penyebaran COVID-19. Penggunaan masker, menjaga jarak serta mencuci tangan menjadi ketentuan yang wajib dilakukan,” kata Puji.
Baca juga: Kepulauan Seribu masih dipadati wisatawan pada H+4 Lebaran 2022
Baca juga: KSOP Muara Angke fungsikan 18 kapal di Kaliadem
Baca juga: Belasan ribu wisatawan manfaatkan libur Idul Fitri ke Kepulauan Seribu

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022