Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan nasional Kamis (12/5) kemarin, mulai dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta menteri fokus bekerja hingga Presiden Joko Widodo akan temui Presiden Amerika Serikat Joe biden di Gedung Putih AS.

Berikut lima berita politik menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. Wapres Ma'ruf minta menteri fokus pekerjaan, bukan berkampanye
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meminta para menteri tetap fokus pada pekerjaan, bukan berkampanye.

"Belum (kampanye), yang penting seperti Presiden bilang, fokus pekerjaan, tetap fokus," kata Wapres Ma'ruf seusai menghadiri Rapat Pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Istana Wakil Presiden Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

2. Airlangga sebut Golkar, PPP, dan PAN akan bekerja sama
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN) akan bekerja sama untuk membangun budaya politik baru.

"Kami melihat bahwa ke depan kami ingin membangun budaya politik baru. Budaya politik baru itu dijalankan dengan kerja sama yang berjenjang dan bertahap. Kerja sama ini tidak dilakukan secara terburu-buru, tetapi dari hasil kajian yang mendalam," kata Airlangga di Rumah Heritage Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

3. KSP terima perwakilan buruh KSPSI bahas UU Cipta Kerja
Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan RI Juri Ardiantoro menerima perwakilan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) guna mendengarkan tuntutan buruh, salah satunya Undang-Undang Cipta Kerja.

Dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Jenderal Hermanto Achmad meminta klaster ketenagakerjaan dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja kembali ke substansi dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Selengkapnya di sini

4. Mendagri lantik lima penjabat gubernur
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik lima penjabat gubernur untuk menggantikan kepala daerah yang masa jabatannya habis, Kamis.

"Sesuai dengan undang-undang, kekosongan diisi oleh penjabat, syaratnya pejabat tinggi madya setara eselon 1," kata Tito Karnavian di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

5. Presiden Jokowi dijadwalkan temui Presiden Joe Biden di Gedung Putih
Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan menemui Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Gedung Putih dalam rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-AS di Washington, D.C., Amerika Serikat, Kamis waktu setempat.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis, Presiden Jokowi direncanakan menerima kunjungan Chairman dan CEO Air Products Seifi Gashemi.

Selengkapnya di sini

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022