Los Angeles (ANTARA News) - "The Twilight Saga: Breaking Dawn, Part 1" tetap berada di urutan teratas dalam pekan-3 di tangga "box office".

Film keempat dari kisah vampir lawan manusia srigala itu meraup 16.9 juta dolar AS dari penjualan tiket bioskop di Amerika Serikat dan Kanada pada akhir pekan  (box office) yang dihitung mulai Jumat hingga Minggu.

Angka penjualan tersebut merosot 59 persen dari akhir pekan sebelumnya, tapi cukup bagus sehingga membuatnya tetap bertahan di posisi puncak derby box office pada masa pasca-Thanksgiving.

Produksi Summit Entertainment tersebut total telah mengantungi 247,3 juta dolar AS selama tiga pekan, kata studio tersebut.

"The Muppets", reboot dari tayangan kondang televisi 1970-an yang dibintangi boneka  karya Jim Henson, juga  bertahan di posisi 2..

Film tersebut meraih 11,2 juta dolar dan diproyeksikan meraup 56,1 juta dolar AS selama dua pekan penayangan.

"Hugo", film-keluarga pertama Martin Scorsese yang dibuat dalam bentuk 3-D, mengumpulkan 7,6 juta dolar AS dan bertengger di tempat ke-3. Film keluarga itu, yang penayangannya ditambah di 500 lokasi, diperkirakan bakal mengantungi 25,2 juta dolar dari penjualan di 1.840 tempat pada akhir pekan lalu.

Film tersebut dinobatkan sebagai "movie of the year" oleh National Board of Review of Motion Pictures. Scorsese juga dianugrahi oleh  kritikus film itu sebagai sutradara terbaik tahun ini.

Film tersebut, yang diluncurkan Paramount, diadaptasi dari novel karya Brian Selznick, "The Invention of Hugo Cabret" --yang bercerita tentang seorang bocah lelaki yang tinggal sendirian di satu stasiun kereta di Paris pada 1930-an.

Urutan selanjutnya di box office adalah 10  "Arthur Christmas" (yang meraup 7.4 juta dollar AS), "Happy Feet Two" (meraih enam juta dollar), "Jack And Jill" (mengantungi 5.5 juta dollar), "The Descendants" (dengan peroleh 5.2 juta dollars, "Immortals" (4.4 juta dollar), "Tower Heist" (4.1 juta dollar), dan "Puss In Boots" (tiga juta dollar AS).
(C003)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011