Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong penguatan ekosistem ekonomi kreatif (ekraf) secara lebih komprehensif di Kota Jakarta Selatan (Jaksel).

Adapun bentuk dukungan yang diberikan pihaknya untuk membangkitkan pelaku ekonomi kreatif antara lain mengikutsertakan mereka dalam Program Baparekraf Digital Innovation Lab (Bedil).

“Salah satunya produk @cutemonster_id yang sudah naik kelas dan kita promosikan di sosial media kami dan akan diikutsertakan dalam Program Bedil. Harapannya pelaku-pelaku ekraf seperti Cute Monster dan lainnya bisa meningkatkan omzetnya, membuka lapangan kerja, memperluas peluang usaha,” kata Menparekraf Sandiaga Uno saat Workshop Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia 2022 di Salihara Art Center, Jakarta Selatan, Jakarta, dalam keterangan resmi, Jumat.

Kota Jakarta Selatan dinyatakan telah terpilih menjadi bagian dari ekosistem KaTa Kreatif dengan seni rupa sebagai subsektor unggulan.

Beberapa ragam komunitas seni rupa di kota tersebut antara lain Komunitas Salihara, Komunitas Seni Bulungan, Gudang Sarinah, dan Ruang Rupa.

Baca juga: Sandiaga Uno luncurkan program KaTa Kreatif Indonesia tahun 2022

“Potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekonomi kreatif. Dengan bekal kreativitas dan inovasi, pelaku ekonomi kreatif dapat memanfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas,” ungkap Sandiaga Uno.

Dalam kesempatan yang sama, Menparekraf juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Jakarta Selatan yang telah mengonversi ruang publik atau ruang terbuka sebagai etalase bagi para pelaku ekonomi kreatif, khususnya subsektor seni rupa.

“Ini menjadi bagian dari kebangkitan ekonomi dan masuk ke dalam tatanan ekonomi baru,” ujar Sandiaga Uno.

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan Ali Murtadho menambahkan pihaknya mengedepankan pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai bagian dari program yang dapat diandalkan di pemerintah kota.

“Sebagai bukti kongkrit, dalam beberapa waktu, kami akan mengkonversikan juga gedung kantor sebagai ruang terbuka untuk publik. Sehingga masyarakat betul-betul bisa memanfaatkan dan menjadikannya sebagai etalase bagi para pelaku ekonomi kreatif,” ucap Ali.

Baca juga: Menparekraf dorong pemulihan sektor ekraf lewat Program KaTa Kreatif

Baca juga: Kemenparekraf luncurkan tiga program unggulan tahun 2022


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022