Ribuan pemudik tersebut diangkut oleh 2 kapal yang dioperatori oleh PT. Pelni yaitu KM Dobonsolo dan KM Ciremai dengan tujuan atau asal Semarang dan Surabaya
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan mencatat 3.822 orang dan 1.582 unit sepeda motor mengikuti program mudik gratis sepeda motor naik kapal laut tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kemenhub bekerjasama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni).

"Ribuan pemudik tersebut diangkut oleh 2 kapal yang dioperatori oleh PT. Pelni yaitu KM Dobonsolo dan KM Ciremai dengan tujuan atau asal Semarang dan Surabaya," kata Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kemenhub Mugen Sartoto dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Mugen mengatakan kegiatan mudik gratis dinyatakan selesai setelah merapatnya Kapal KM. Dobonsolo di dermaga terminal penumpang Tanjung Priok, Jumat hari ini.

Ia mengatakan selain mendapat fasilitas gratis, para peserta mudik yang beruntung juga mendapatkan ratusan doorprize.

"Total ada 383 doorprize yang dibagikan kepada para peserta," ujarnya.

Mugen mengungkapkan mudik gratis berjalan sukses dan mendapat apresiasi dari banyak pihak termasuk masyarakat dan pemerintah daerah (Pemda) Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Semoga kedepannya mudik gratis seperti ini dapat terus kita laksanakan," katanya.

Pada kesempatan tersebut ia juga meminta maaf kepada masyarakat yang memanfaatkan program mudik gratis ini jika dalam pelaksanaannya masih ada kekurangan pelayanan.

Ia berjanji kekurangan yang terjadi akan dievaluasi dan diperbaiki agar di tahun depan program mudik gratis dalam terlaksana lebih baik lagi.

Selain itu, ia juga mengapresiasi kementerian dan lembaga terkait, baik itu TNI/Polri, Kantor Kesehatan Pelabuhan, UPT Ditjen Perhubungan Laut, PT Pelni, PT Pelindo, asosiasi, media serta instansi yang telah berkolaborasi dengan baik sehingga program mudik gratis ini bisa berjalan dengan aman dan sehat.

"Selanjutnya, diinformasikan juga bahwa Posko Angkutan Laut Lebaran 2022 masih berlangsung hingga H+15 atau tepatnya tanggal 18 Mei 2022. Kami tetap siaga memonitor pergerakan penumpang di 110 pelabuhan pantau," katanya.

Baca juga: Penumpang mudik masih tampak di Pelabuhan Tanjung Priok
Baca juga: Pemudik antusias pulang ke kampung halaman gunakan kapal
Baca juga: Pemudik pilih berangkat H-1 dari Tanjung Priok karena lebih leluasa

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022