Semarang (ANTARA News) - Kelenteng Sam Poo Kong memikat para istri gubernur yang mendatangi Semarang dalam rangka rapat kerja Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang diselenggarakan di ibukota Jawa Tengah ini.

Begitu tiba di Kelenteng Sam Poo Kong, Jumat, mereka terlihat terpesona dengan Patung Laksamana Cheng Ho yang merupakan patung Laksmana Cheng Ho terbesar di dunia.

Kedatangan para istri gubernur di Sam Poo Kong ini disambut tarian barongsai dan Lion Doreng yang dibawakan pasukan dari Batalyon Arhanudse 15 Kodam IV/Diponegoro Semarang.

Setelah melihat dari dekat patung Laksamana Cheng Ho, rombongan langsung menuju Gedung Utama dan goa.

Mereka terlihat menyimak keterangan dari guide yang menceritakan sejarah kedatangan Laksamana Cheng Ho yang membawa misi perdamaian termasuk menyebarkan agama Islam.

"Saya sangat kagum melihat ada tempat religi sebagus ini. Saya jadi ingat, tempat ini seperti di Turki. Di Turki ada mesjid dan gereja," kata Sekretaris PKK Kepulauan Riau, Aisyah Taufik.

Sementara itu, istri Plt Gubernur Sumatera Utara Sutias Handayani menyebut Kelenteng Sam Poo Kong merupakan peninggalan sejarah yang harus dilestarikan.(*)

ANT

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011