Jakarta (ANTARA) - Platform social commerce asal Bandung, Evermos, meraih penghargaan Global Good Governance (3G) Championship Awards 2022 untuk kategori Pemberdayaan Perempuan yang diselenggarakan oleh Cambridge International Financial Advisory (IFA) di Dubai pada Rabu (18/5).

Baca juga: Startup Pitik raih pendanaan Seri A senilai Rp206 miliar

Penghargaan berskala internasional itu diberikan kepada organisasi yang telah mengimplementasikan program pemberdayaan perempuan dan meningkatkan kesejahteraan mereka, terutama dalam hal kesetaraan gender dan pembangunan ekonomi.

Penerima penghargaan dalam Global Good Governance Awards ditentukan berdasarkan metodologi yang menganalisa lima pilar utama yaitu transparansi, tanggung jawab sosial, keberlanjutan, dampak, dan inovasi. Seleksi dilakukan oleh komite khusus yang dibentuk dari kalangan pemerintahan, praktisi, dan akademisi.

“Penghargaan 3G Championship Awards ini adalah suatu bentuk apresiasi atas semua kerja keras para karyawan internal, reseller, UKM dan semua partner Evermos dalam pemberdayaan perempuan," kata Co-Founder dan Chief of Sustainability Evermos Iqbal Muslimin melalui siaran pers, Jumat.

"Evermos bangga bisa menjadi salah satu startup teknologi asal Indonesia yang fokus dalam pemberdayaan perempuan untuk membangun kesejahteraan dan memulihkan ekonomi nasional pasca pandemi," lanjut dia.

Baca juga: Startup edtech MySkill raih pendanaan tahap awal

Iqbal mengatakan, pemberdayaan perempuan menjadi pilar penting bagi Evermos sejak berdiri pada 2019. Lebih dari 73 persen dari total 500 ribu reseller yang ada di platform Evermos adalah perempuan.

"Dengan kampanye #PerempuanAndalan, Evermos mendukung peran perempuan yang di samping berjuang mengurus kesibukan rumah tangga, juga dapat berjuang mencari penghasilan untuk kesejahteraan ekonomi keluarganya," imbuh Iqbal.

Saat ini, reseller di Evermos didominasi oleh kalangan ibu-ibu dari kota-kota kecil di Indonesia yang memiliki potensi berjualan, namun seringkali terhambat oleh keterbatasan modal, kesempatan dan keahlian.

Evermos memberdayakan reseller dengan memberikan pelatihan kewirausahaan, akses teknologi dan juga jaringan ke ribuan produk lokal sehingga mereka bisa lebih berdaya dan mandiri secara ekonomi.

Berdasarkan data, 20 persen reseller paling produktif bisa mendapatkan penghasilan bersih rata-rata 2,5 juta perbulan hanya dengan berjualan produk di Evermos.


Baca juga: Perusahaan rintisan alumni ITB raih pendanaan East Venture

Baca juga: Binar Academy raih pendanaan lanjutan Pre Series A

Baca juga: Ekonomi biru dongkrak perekonomian melalui investasi & teknologi

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022