Manado (ANTARA) - TNI Angkatan Laut melibatkan dua Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dalam mendukung Pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) yang dilaksanakan di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, pada 24 Mei 2022.

"Kedua kapal tersebut adalah KRI Pulau Raas-722 dari Satuan Kapal Ranjau (Satran) Komando Armada II dan KRI Kakap-811 dari Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal VIII," kata Kadispen Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Letkol Laut (KH) Amja Gultom, di Manado, Senin.

Ia mengatakan selain terlibat dalam pencanangan Gerbangdutas, kedua KRI tersebut melakukan pengamanan wilayah laut di daerah perbatasan yang menjadi rute lintas laut.

Baca juga: Gerbangdutas komitmen pemerintah bangun perbatasan dan perkuat sinergi

Kedua KRI yang bertolak dari Dermaga Satrol Lantamal VIII tersebut mengangkut personel maupun material pendukung yang digunakan dalam kegiatan pencanangan Gerbangdutas mulai dari Bitung, Melonguane, Miangas, Kakorotan, dan kembali lagi ke Bitung dalam rangka mendukung rencana kunjungan dua menteri di Pulau Miangas.

Pencanangan Gerbangdutas rencananya dilaksanakan pada 24 Mei 2022 di Wanala, Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud dan nantinya akan dihadiri Menkopolhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian.

Selain Pencanangan Gerbangdutas, kedua Menteri tersebut rencananya akan melakukan kunjungan kerja sekaligus meninjau Pulau Miangas yang merupakan salah satu pulau terdepan yang berada di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Baca juga: BNPP turunkan tim advance meninjau lokasi pelaksanaan GerbangdutasBaca juga: Bupati Sambas sambut baik komitmen pemerintah bangun perbatasan
 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022