Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyampaikan kemajuan transformasi digital Indonesia pascapandemi COVID-19 pada World Economy Forum (WEF) 2022 yang berlangsung di Davos, Swiss.

“Pada gelaran WEF 2020 saya menggambarkan potret infrastruktur di Indonesia, sekarang saya berikan update bahwa COVID-19 tidak menyetop Indonesia meneruskan pembangunan infrastruktur digital mulai dari pembangunan layer backbone, fiber optic, dan the last mile” kata Johhny dalam rilis pers, Senin.

Hal itu dikatakannya dalam sesi diskusi bertajuk “Depending Digital Growth in the Economic Landscape” di Indonesia Pavilion Davos, Swiss, Senin (23/5) waktu setempat.

Johhny menggambarkan bahwa pemerintah saat ini telah membangun jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 459.111 km, pembangunan lebih dari 500 ribu BTS untuk optimalisasi jaringan 4G dan penyediaan sembilan satelit untuk mendukung kebutuhan telekomunikasi dan digital di Indonesia, di antaranya didukung oleh satelit SATRIA-I dan Hot Backup Satellite (HBS).

“Diharapkan melalui pengembangan infrastruktur TIK dan inisiatif untuk mendukung ekonomi digital dapat menjadi enabler bersama mengembangkan pertumbuhan sektor digital kita, mulai dari e-commerce, edutech, fintech dan bank digital, serta telehealth” kata dia.

Untuk mendukung agenda transformasi digital, Kementerian Kominfo telah melakukan pengembangan sumber daya digital di Indonesia melalui program digital talent, di mana pada keterampilan digital dasar telah memberikan pelatihan kepada 12,6 juta peserta, dan menargetkan 5,5 juta peserta pada 2022.

Keterampilan digital menengah mencapai 223.000 peserta hingga 2021 dan menargetkan mencapai 200 ribu peserta pada 2022. Sementara keterampilan digital tingkat lanjut telah memberikan pelatihan untuk 370 peserta.

World Economic Forum Annual Meeting merupakan konferensi tingkat tinggi yang dihadiri oleh beberapa kepala negara, pimpinan perusahaan global, pemimpin organisasi politik, penemu-penemu di bidang sains dan kebudayaan dari 90 negara.

WEF 2022 kembali digelar setelah sempat vakum akibat pandemi COVID-19. WEF 2022 digelar di Davos, Swiss pada 22-26 Mei 2022. Seperti di tahun-tahun sebelumnya, Indonesia kembali berpartisipasi di WEF 2022.

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan didukung sejumlah kementerian lain seperti Kementerian Perdagangan, Kemenkominfo, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian ESDM,

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2022