Cilacap (ANTARA News) - Belasan wisatawan Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jateng, mengalami luka bakar akibat ledakan di kapal motor yang mereka tumpangi Jumat sekitar pukul 10.15 WIB.

Informasi yang dihimpun ANTARA, peristiwa tersebut terjadi ketika KM Bangkit 01 ini hendak berangkat mengantar wisatawan yang akan menyaksikan prosesi larung sesaji (rangkaian ritual sedekah laut di Pantai Teluk Penyu) di Pulau Majeti sebelah selatan Pulau Nusakambangan.

Akibat ledakan tersebut, sebanyak 17 orang dari 18 penumpang termasuk nakhoda kapal mengalami luka bakar sehingga dilarikan ke Rumah Sakit Santa Maria Cilacap.

Ketua Kelompok Nelayan Sentolo Kawat Yugo Arjo Utomo mengatakan, peristiwa tersebut terjadi di Tempat Pelelangan Ikan Sentolo Kawat, Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan.

"Saat itu saya menerima laporan dari anggota kelompok jika ada kapal yang meledak di sekitar TPI Sentolo Kawat. Kami pun segera memberikan pertolongan karena kebetulan kapal tersebut milik anggota kelompok ini," kata dia di RS Santa Maria.

Salah satu korban, Dekan (17) mengatakan, saat mesin kapal dinyalakan, suaranya terdengar cukup keras dan selanjutnya melemah.

"Namun tiba-tiba suara mesin kapal itu mengeras lagi hingga akhirnya meledak," katanya.
(KR-SMT)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011