Semua bisnis di Victoria kini dapat memasang stasiun pengisian daya kendaraan listrik, dengan dana hibah sebesar 1,5 juta dolar Australia atau setara 1,06 juta dolar AS ...
Sydney (ANTARA) - Pemerintah Negara Bagian Victoria di Australia pada Selasa (24/5) mengumumkan sebuah program baru untuk mempercepat transisi kendaraan di Victoria menuju emisi nol.

Semua bisnis di Victoria kini dapat memasang stasiun pengisian daya kendaraan listrik, dengan dana hibah sebesar 1,5 juta dolar Australia (1 dolar Australia setara dengan Rp10.354) atau setara 1,06 juta dolar AS (1 dolar AS setara dengan Rp14.653) untuk memuluskan transisi mereka ke penggunaan armada kendaraan listrik yang lebih murah dan lebih bersih.

Program itu juga akan membantu mengurangi biaya operasional dan emisi dengan menyediakan alat pengisi daya untuk armada bisnis serta menstimulasi pembelian dan penyewaan kendaraan emisi nol untuk kegiatan operasional bisnis. Program tersebut dapat membantu kalangan bisnis menghemat hingga 500 dolar Australia atau setara 354 dolar AS per bulan untuk setiap mobil dalam armada mereka.

"Mobil harus menjadi kendaraan untuk perubahan di saat kita memangkas emisi hingga separuh per 2030 nanti. Dengan menambah jumlah kendaraan emisi nol di jalanan, kita mengurangi kontribusi besar sektor transportasi terhadap perubahan iklim dan memangkas biaya untuk kalangan bisnis," ujar Menteri Energi, Lingkungan, dan Perubahan Iklim Negara Bagian Victoria Lily D'Ambrosio.

"Dengan mendukung kalangan bisnis dengan alat pengisi daya, kita memangkas emisi dan biaya operasional serta membangun pasar bekas emisi nol, semakin mendekati target kita, yaitu separuh dari penjualan kendaraan ringan per 2030," kata D'Ambrosio.

Transportasi merupakan salah satu sumber terbesar emisi gas rumah kaca Australia, menyumbang 25 persen dari total jejak karbon Victoria.

Pemerintah Victoria telah menetapkan target bahwa kendaraan emisi nol akan mencakup separuh dari total penjualan kendaraan ringan baru pada 2030 nanti.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2022