Dewi: Media massa adalah sarana ampuh menciptakan kesra

Dewi: Media massa adalah sarana ampuh menciptakan kesra

Anggota Komisi VII DPR RI dari PDI Perjuangan, Dewi Aryani, ketika diwawancarai oleh peserta lomba mencari presenter di Gedung RRI Pusat, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (29/12). (Foto: Dokumentasi pribadi).

Jakarta (ANTARA News) - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Dewi Aryani, mengatakan bahwa media massa adalah alat dan sarana yang tepat serta ampuh untuk memperjuangkan  kesejahteraan rakyat.

"Bagi saya media adalah hidup saya, kawan-kawan media adalah sahabat terbaik saya. Karenanya dalam perjuangan untuk kesejahteraan rakyat, merangkul kawan media adalah kewajiban," kata Dewi  di sela-sela lomba mencari presenter yang dilakukan oleh Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) di Gedung RRI Pusat, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis.

Tanpa kerja sama kolektif semua pihak, menurut Dewi, cita- cita pendiri bangsa untuk menyejahterakan rakyat hanya akan menjadi mimpi belaka. Media massa sarana yang ampuh untuk memperjuangkan kepentingan dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Menurut calon doktor bidang kebijakan energi Universitas Indonesia itu, kegiatan yang diselenggarakan LPP RRI menjadi sangat penting mengingat LPP RRI adalah lembaga penyiaran nasional milik pemerintah. Maka, kualitas dan kompetensi para presenter menjadi amat penting.

Dewi mengutarakan bahwa presenter di dunia penyiaran adalah aset. "Jadi, kualitas menjadi krusial dan penting. Hal mendasar sebagai presenter harus benar-benar dibangun sejak awal. Tidak hanya masalah latihan vokal, tetapi juga faktor knowledge paling utama," katanya.

Duta UI untuk Reformasi Birokrasi Indonesia itu menegaskan bahwa presenter harus memahami segala masalah bangsa, segala bentuk kegiatan dalam negara, termasuk bidang ekonomi, politik, pertahanan, dan sosial budaya.

Kehadirannya sebagai narasumber utama dalam acara lomba mencari presenter itu, dirinya sedikit bernostalgia karena kariernya berawal sebagai penyiar di LPP TVRI dan LPP RRI.

"Saya dulu juga pernah jadi penyiar TVRI maupun RRI. Jadi, bagi saya kehadiran saya di sini  mengobati rasa kangen karena karier saya dimulai dari media," kenang Dewi.

Sementara itu, Asisten Produser LPP RRI Pusat, Wenny, mengatakan bahwa LPP RRI Pusat menyelenggarakan lomba mencari presenter nasional. Kegiatan puncak yang diselenggarakan hari ini adalah final lomba mencari presenter yang dihadiri beberapa narasumber.

"Acara yang berlangsung di Pusat Pemberitaan RRI, Gedung RRI lantai 7, Jalan Medan Merdeka Barat 4-5 Jakarta Pusat dengan beberapa narasumber,  di antaranya Dewi Aryani.

Sementara itu, calon yang lolos ke final akan mewawancarai narasumber tentang berbagai masalah bangsa, mulai masalah energi dan sumber daya mineral, kegiatan sosial politik dalam negeri, ideologi Pancasila, pilar- pilar kebangsaan, dan karakter berbangsa dan bernegara. (zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Maju Pilwalkot Solo, Gibran bertandang ke rumah Mega

Komentar