Makassar (ANTARA) - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, didampingi Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman,  Sabtu, meninjau perkembangan pembangunan jalur  kereta api  yang akan menghubungkan  Makassar - Parepare, di Sulawesi  Selatan, yang rencananya akan dioperasikan Oktober 2020.   

 Menhub dan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan peninjauan menggunakan helikopter dari Makassar, kemudian dilanjutkan dengan kereta api inspeksi dari Stasiun Tanete Rilau ke Pelabuhan Garongkong di Kabupaten Barru.

Perjalanan berjarak 16  kilometer ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit.  Selama perjalanan, Menhub dan Gubernur Sulsel  berbincang terkait progres dan rencana pengembangan proyek strategis nasional  tersebut sembari menikmati pemandangan alam dengan hamparan gunung, sawah dan laut.

“Alhamdulillah hari ini bersama meninjau persiapan operasional kereta api. Sesuai yang dijadwalkan Pak Menhub adalah di bulan Oktober 2022. Kami sebagai pemerintah provinsi dan kabupaten/kota mendukung,” kata Andi Sudirman.

Pemprov akan mendukung penyelesaian proyek ini seperti dukungan percepatan lainnya seperti pengembangan kawasan wisata, dan dukungan lainnya.
“Kami siap untuk men-suport termasuk pariwisata. Kita ada Geopark Rammang-Rammang akan kita perbaiki dengan standar yang saat ini menuju asesmen UNESCO,”  katanya.

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi komitmen pemerintah pusat untuk memastikan proyek strategis nasional (PSN) ini dapat berlanjut.

“Ini merupakan terobosan dari Bapak Presiden Jokowi melalui Bapak Menteri bahwa ini yang pertama di Indonesia timur dan mudah-mudahan menjadi legacy dan dapat memudahkan transportasi,” ucapnya.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2022