Anyer (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatlologi dan Geofisikan (BMKG) Serang mengimbau wisatawan Pantai Anyer dan Cinangka, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, untuk tidak berenang ke laut, karena angin dan gelombang lagi tinggi.

"Kami imbau kepada wisatawan yang ada di Pantai Anyer maupun Cinangka untuk tidak mandi dan berenang karena gelombang mencapai 1,5 meter," kata Koordinator Unit Analis Cuaca BMKG Serang, Halim Perdanakusumah, di Anyer, Sabtu.

Dia menjelaskan, gelombang tinggi mencapai 1,5 meter dengan kecepatan angin 15 knot per jam membuat Perairan Anyer dan Cinangka tidak aman untuk berenang ke tengah perairan.

"Akan sangat berbahaya bagi wisatawan yang mandi dan berenang sampai tengah, apalagi bagi mereka yang tidak bisa berenang," katanya.

BMKG Serang hanya memberi rekomendasi kepada wisatawan untuk mandi di pinggir pantai. "Kalau hanya sekedar dipinggir pantai tidak masalah," katanya.

Pantauan di Pantai Patra Sambolo Anyer, sejumlah wisatawan nampak mandi dan bermain-main air laut hanya di pinggir pantai. Mereka umumnya remaja dan orang tua yang lagi menemai anak-anaknya bermain.

"Saya hanya berani mandi di pinggir pantai saja, karena gelombang dan anginnya cukup besat dan tinggi. Kami tidak berani, khawatir akan tenggelam," kata salah seorang pengunjung pantai, Hamdi.(*)

ANT/F002

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011