Keberlanjutan dan ketahanan pemulihan ekonomi hanya dapat dicapai dengan memperkuat kemampuan produksi sebuah negara
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan sektor industri memainkan peran penting sebagai mesin pertumbuhan ekonomi saat dunia pulih dari pandemi COVID-19.

"Keberlanjutan dan ketahanan pemulihan ekonomi hanya dapat dicapai dengan memperkuat kemampuan produksi sebuah negara," kata Menko Airlangga Hartarto dalam The International Conference On Eco-Industrial Parks, A Road To G20 Event di Jakarta, Selasa.

Maka dari itu, ia mengungkapkan Presidensi Indonesia di G20 mendukung industri yang inklusif dan berkelanjutan seiring dengan pemulihan ekonomi global.

Hal tersebut dapat dicapai dengan menerapkan prinsip Eco-Industrial Parks untuk berkontribusi pada ketahanan proses produksi, mendorong pemulihan ekonomi yang berkelanjutan, dan mengatasi guncangan di masa depan.

Selain itu, lanjutnya, transisi pasca pandemi menimbulkan beberapa tantangan dalam mencapai inklusi sosial dan akses yang setara kepada teknologi maju.

Oleh karenanya Menko Airlangga berpendapat kerja sama internasional akan menjadi vital dalam mengatasi tantangan ini, terutama dalam meningkatkan manfaat dari transisi yang dipercepat dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Baca juga: Bappenas: Industri pengolahan akan jadi penggerak ekonomi tahun 2023

"Kepresidenan Indonesia dalam G20 merasa siap mendorong kepercayaan investor global untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional. Indonesia menggunakan momentum ini untuk memperjuangkan aspirasi dan kepentingan negara berkembang untuk tatanan yang lebih adil dan menguntungkan," tegasnya.

Dengan demikian ia menuturkan Indonesia secara khusus akan memperkuat solidaritas internasional untuk mengatasi perubahan iklim dan mendorong pembangunan yang lebih berkelanjutan melalui penerapan prinsip Eco-Industrial Parks.

Presidensi G20 di Indonesia akan menjadi momentum besar bagi para pelaku usaha, khususnya di bidang kerja sama industri dan perkebunan untuk berpartisipasi dalam memfasilitasi temu bisnis atau business matching dalam ekosistem kompetitif di pasar regional.

Tak hanya itu Menko Airlangga menerangkan Pemerintah Indonesia juga terus berusaha menarik investasi terutama di banyak sektor serta di sepanjang rantai nilai.

Kawasan industri dapat memanfaatkan momentum tersebut untuk meningkatkan daya saing usaha dan nilai tambah untuk mendorong kegiatan usaha.

"Seperti yang diarahkan oleh Presiden, Indonesia berkomitmen untuk melakukan reformasi dengan mempercepat dan mempermudah penerbitan izin perizinan, serta mempercepat dan memfasilitasi setiap investasi baru," tutur Menko Airlangga.

Baca juga: Airlangga dorong daerah bentuk pusat ekonomi baru perluas industri
Baca juga: Menteri Investasi siapkan dua kawasan bangun industri hijau

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022