Jakarta (ANTARA News)  - Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) MPR RI menilai, posisi Polri yang saat ini berada langsung di bawah Presiden merupakan posisi yang bagus dan tak perlu diubah.

"Status Polri di bawah presiden, adalah posisi yang terbaik," kata Sekretaris Fraksi PDIP MPR RI Achmad Basarah dalam keterangan persnya terkait Refleksi 2011 dan Proyeksi 2012 di Gedung DPR RI di Jakarta, Kamis.

Ia tak bisa membayangkan bila Polri di bawah sebuah kementerian sebagaimana yang diusulkan berbagai pihak.

"Dibawah presiden langsung saja sudah seperti ini kacaunya. Bagaimana jadinya bila Polri dibawah kementerian, misalnya Kementerian Dalam Negeri," ujar anggota Komisi III DPR RI itu.

Yang jadi perhatian sekarang, kata Basarah, adalah bagaimana leadership dari pemimpin Polri, mulai dari Kapolri hingga Kapolsek diperbaiki dan ditingkatkan, termasuk leadership dari presiden.

"Jadi kita tak perlu membahas status dan posisi Polri berada di bawah kementerian lagi. Yang perlu diperbaiki adalah leadership dari pimpinan Polri," ujar Basarah.

Sementara itu, anggota Fraksi PDIP MPR RI, Arif Budimanta mengatakan, banyaknya persoalan yang terjadi pada tahun 2011 di berbagai bidang seperti politik, keamanan, sosial, pendidikan membuktikan bahwa pemerintah lamban menangani permasalahan tersebut.

"Pemerintah lelet menjalankan amanat dari Pancasila dan Konstitusi secara murni dan konsekwen sehingga banyak menimbulkan masalah," ujar Arif.

(Zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012