Roma (ANTARA News/AFP) - AC Milan mungkin sedang `bersaing` dengan tetangganya, Inter Milan, untuk mendapatkan penyerang Manchester City, Carlos Tevez, namun dalam persaiangan di puncak klasemen Liga Italia, lawan Milan adalah Juventus.

Milan berhasil mengakhiri 2011 dengan menduduki posisi puncak klasemen, berkat kemenangan 2-0 atas Cagliari, sementara Juventus bermain imbang tanpa gol saat menghadapi Udinese.

Selisih gol yang dibukukan sang juara bertahan menjadi pembeda di antara Milan dan Juventus, yang merupakan satu-satunya tim liga papan atas Eropa yang belum merasakan kekalahan.

Setelah mendapat hasil buruk di awal musim, di mana Milan hanya memenangi satu dari lima pertandingan pertama liga, tim merah-hitam kini berhasil kembali ke jalur kemenangan.

Pasukan Massimiliano Allegri ini pun sekarang berniat mengukuhkan posisi puncak tersebut pada musim dingin ini, agar dapat membagi konsentrasi dengan ajang Liga Champions.

Sementara itu, Juventus memaksimalkan keuntungan dari absennya mereka di kompetisi Eropa musim ini, pasukan Antonio Conte pun memiliki waktu lebih untuk beristirahat pada tengah pekan dan dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi lawan-lawan di liga.

Mereka masih belum terkalahkan dari 16 pertandingan - meski tujuh pertandingan berakhir dengan hasil imbang - dan akan mengawali tahun baru dengan lawan yang lebih mudah dibanding Milan.

Juve akan melawat ke markas tim penghuni dasar klasemen, Lecce, sementara Milan akan melakukan pertandingan tandang yang berat melawan Atalanta, yang jika tidak mengalami pemotongan enam angka karena kasus pengaturan pertandingan seharusnya menghuni peringkat lima pada klasemen.

Milan tidak terkalahkan pada 11 pertandingan liga, tetapi Atalanta sejauh ini baru kalah dua kali, jumlah yang sama dengan tamu mereka.

Sang juara bertahan juga akan mendapat suntikan semangat ekstra karena gelandang Gennaro Gattuso sudah bermain pada pertandingan melawan Paris Saint Germain di Dubai pada Rabu, sementara penyerang veteran, Fillipo Inzaghi telah berikrar kalau dirinya akan tetap bermain di Milan.

Gattuso baru sekali bermain pada musim ini akibat masalah pada matanya, sementara ketertarikan Milan pada Tevez sempat diperkirakan akan membuat Inzaghi mengakhiri hubungan 11 tahunnya bersama rossoneri.

Juventus memperbanyak sumber daya pemain mereka dengan mendatangkan penyerang Marco Borrielo dari AS Roma, sehingga Amauri, Vincenzo Iaquinta, dan bahkan Fabio Quagliarella berpeluang mencari klub baru.

Bagaimanapun juga, kombinasi gelandang yang terdiri dari Andrea Pirlo, Claudio Marchisio, dan pemain Chili, Arturo Vidal, telah mencuri perhatian.

Dan Vidal meyakini kalau kombinasi ini merupakan yang terbaik di Eropa.

"Saya tidak tahu apakah gelandang kami merupakan yang terbaik di Eropa, itu terserah anda (jurnalis) untuk berkata demikian pada saya," ucapnya.

"Namun tentu saja, (kombinasi gelandang) ini kuat, dan saya merasa seperti berada di rumah dengan tiga gelandang kami. Saya benar-benar seperti gelandang Barcelona dan Real Madrid, tetapi sebaiknya anda tidak meremehkan Udinese."

Udinese, yang menduduki peringkat tiga dan hanya terpisah dua angka dari dua tim teratas, mengawali tahun dengan menjamu tim penghuni zona degradasi, Cesena. Bagaimanapun, mereka tidak akan diperkuat tiga pemain kunci di lapangan tengah yang sedang memperkuat negaranya untuk Piala Afrika.

Kwadwo Asamoah, Emmanuel Agyemang-Badu, dan Thierry Doubai sudah bertolak menuju Gabon dan Guinea Khatulistiwa, meski demikian Udinese telah mendatangkan pemain internasional Swiss, Gelson Fernandes, dengan status pemain pinjaman dari St Etienne, untuk menambal kekurangan tersebut.

Setelah mengawali musim dengan sangat buruk, Inter Milan menutup 2011 sebagai tim dengan performa terbaik, dengan enam kemenangan pada tujuh pertandingan terakhir di Liga Italia. Pada Sabtu malam, mereka akan berhadapan dengan Parma.

Rekan Inter sesama penghuni zona Liga Europa yang sekarang menghuni peringkat empat, Lazio, akan melawat ke markas Siena. Kemenangan atas Siena dapat membuka peluang Lazio menembus zona Liga Champions.

Jadwal

Sabtu:

Siena vs Lazio (1700 GMT), Inter Milan vs Parma (19:45 GMT).


Minggu (14:00 GMT)

Udinese vs Cesena (1130), Atalanta vs AC Milan, Bologna vs Catania, Cagliari vs Genoa, Lecce vs Juventus, Novara vs Fiorentina, Roma vs Chievo, Palermo vs Napoli (19:45 GMT).

(H-RF/I015)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012