Jakarta (ANTARA) - Lead Co-Chair Think 20 (T20) Indonesia Bambang Brodjonegoro mengatakan dunia membutuhkan investasi terkait iklim sebesar 125 triliun dolar AS untuk mencapai emisi nol bersih pada 2050 dan Perajin batik tulis di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, menyiapkan batik motif Corona untuk G20 menjadi pemberitan kemarin yang menarik dibaca hari ini. Simak selengkapnya.

 

T20: Butuh investasi 125 triliun dolar AS untuk capai emisi nol bersih

 

Lead Co-Chair Think 20 (T20) Indonesia Bambang Brodjonegoro mengatakan dunia membutuhkan investasi terkait iklim sebesar 125 triliun dolar AS untuk mencapai emisi nol bersih pada 2050, jika mengutip data The United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC).

 

"Ini termasuk investasi tahunan sebesar 32 triliun dolar AS di enam sektor utama yang menyumbang sepertiga dari produk domestik bruto (PDB) dunia tahun 2021," ungkap Bambang dalam Webinar T20 Indonesia di Jakarta, Kamis.

 

Menkes: Pendapatan industri kesehatan RI berpotensi naik

 

Pendapatan industri kesehatan nasional berpotensi naik hingga mencapai 32 miliar dolar AS (sekitar Rp462,13 triliun) per tahun, kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

 

Menurutnya, potensi itu dapat dicapai apabila angka per kapita per tahun Indonesia untuk bidang kesehatan yang sebesar 112 dolar AS (Rp1,62 juta) naik hingga 300 dolar AS dan 40-50 persen di antaranya dibelanjakan untuk obat-obatan.

 

Perajin batik Pamekasan siapkan motif Corona untuk KTT G20

 

Perajin batik tulis di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, menyiapkan motif Corona, sebagai salah satu motif batik yang hendak dipamerkan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar di Bali pada November 2022.

 

"Selain batik dengan motif Corona, jenis motif batik lain yang juga akan dibawa ke Bali di KTT G20 itu, batik motif kembang tujuh rupa," kata perajin batik di Dusun Podhek, Desa Rangperang Daya, Kecamatan Palengaan, Hadi di Pamekasan, Madura, Kamis.

 

BPS sebut kunjungan wisman April 2022 tertinggi sejak awal pandemi

 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono menyebut bahwa jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) melalui pintu utama pada April 2022 mencapai 111.100 kunjungan dan menjadi yang tertinggi sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia.

 

"Angka ini tertinggi sejak awal pandemi. Ini mengindikasikan bahwa sektor pariwisata sudah mulai pulih," kata Margo saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Kamis.

 

BPS sebut telur ayam ras hingga bawang merah picu inflasi Mei

 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono menyatakan komoditas telur ayam ras, ikan segar dan bawang merah merupakan pemicu terjadinya inflasi pada Mei 2022 yang mencapai 0,4 persen (mtm).

 

Komoditas telur ayam ras, ikan segar dan bawang merah ini masuk dalam kelompok pengeluaran makanan, minuman dan tembakau yang memberi andil terbesar dari 11 kelompok pengeluaran terhadap inflasi Mei.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2022