Jakarta (ANTARA) - Serial pendek baru "Irma Vep" yang dibintangi pemenang Oscar Alicia Vikander akan tayang pada 7 Juni di HBO Go.

Serial sebanyak delapan episode ini tayang tiap selasa.

Ditulis dan disutradarai oleh sutradara Olivier Assayas dan diproduksi bekerja sama dengan A24, serial ini diadaptasi dari film 1996 berjudul sama.

Baca juga: Cerita Naoki Kobayashi "Exile" berperan di "Earthquake Bird"

"Irma Vep" dibintangi Alicia Vikander sebagai Mira, seorang bintang film Amerika yang merasa kecewa dengan karir dan percintaannya yang berantakan, berada di Prancis untuk membintangi film bisu klasik Prancis, “Les Vampires”, dan menjadi “Irma Vep.” Berlatar belakang film thriller kriminal yang mengerikan, Mira sulit membedakan batasan yang mulai mengabur dan menyatu antara dirinya dan karakter yang ia perankan. Irma Vep mengungkap pada penonton hal mendasar yang tak pasti yang terletak di antara fiksi dan realita, kepura-puraan dan kebenaran, seni dan kehidupan.

Dalam film aslinya, Mira diperankan oleh aktor Hong Kong Maggie Cheung yang berperan sebagai dirinya sendiri.

"Saya tidak berperan sebagai diri saya sendiri, saya berakting sebagai Mira. Tapi dalam serial ini dia merasa cemas karena perannya sudah dimainkan oleh aktris Asia. Jadi saya mengekspresikan kecemasan saya sendiri dalam membuat ulang sesuatu yang sudah dilakukan dengan baik oleh seorang aktor luar biasa," kata Vikander kepada Reuters di festival film Cannes pada akhir Mei.

Baca juga: Alicia Vikander menyelami budaya Jepang untuk film "Earthquake Bird"

Seperti filmnya, serial ini membahas tantangan pembuatan dan produksi film, dan banyak aspek ketenaran yang seringkali tidak masuk akal.

Adegan-adegan dalam serial memperlihatkan Mira dikerumuni penggemar saat dikawal ke acara promosi, mencoba baju dan menghadiri pertemuan.

"Kau seperti melihat suasana di balik layar di dunia ini, kekonyolan, kegilaan dan juga tekanannya," kata Vikander dikutip dari Reuters pada Senin.

Para pemeran lainnya dalam serial ini antara lainVincent Macaigne sebagai René Vidal, Jeanne Balibar sebagai Zoe, Devon Ross sebagai Regina, Lars Eidinger sebagai Gottfried, Vincent Lacoste sebagai Edmond Lagrange, Nora Hamzawi sebagai Carla, Adria Arjona sebagai Laurie, Carrie Brownstein sebagai Zelda, Tom Sturridge sebagai Eamonn, Byron Bowers sebagai Herman, Fala Chen sebagai Cynthia Keng, Hippolyte Girardot sebagai Robert Danjou, Alex Descas sebagai Gregory Desormeaux, Antoine Reinartz sebagai Jeremie.

Irma Vep disutradarai oleh pembuat film terkenal Prancis Olivier Assayas, yang menjadi pengisi suara utama dalam sinema kontemporer internasional. Ia memulai karirnya sebagai pelukis dan seorang desain grafis. Kemudian, ia mulai membuat film pendeknya sambil melakukan hobinya dalam teknologi dan budaya dunia, sebagai editor Cahiers du Cinema (1980-1985).

Sejak film fitur pertamanya, "Désordre" (1986), yang mendapatkan Critic’s Week Prize pada Venice Biennale, ia secara konsisten menghadirkan karya yang kaya dan beragam, membuatnya diakuisisi secara internasional.


Baca juga: Alicia Vikander main film baru berbahasa Inggris dan Jepang

Baca juga: Alicia Vikander aktris pendukung terbaik Oscar


 

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022