Kuba (ANTARA News/IRNA-0ANA) - Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad tiba di Havana dan disambut baik oleh para pejabat tinggi Kuba di bandara, Rabu waktu Kuba.

Presiden Ahmadinejad meninggalkan Managua menuju Havana setelah bertemu dengan Presiden Nikaragua Daniel Ortega, pada persinggahan ketiga dari empat negara lawatannya ke Amerika Latin.

Ia mengunjungi Managua untuk menghadiri upacara pengambilan sumpah ulang Daniel Ortega yang terpilih kembali sebagai presiden negara itu.

Ahmadinejad juga membahas masalah-masalah regional dan internasional penting lainnya dengan Ortega dalam kesempatan tersebut.

Iran telah menempa ratusan perjanjian dengan negara-negara Amerika Latin dan menjanjikan miliaran dolar untuk mendanai mereka.

Kesepakatan-kesepakatan lainnya akan dilakukan dalam pekan ini pada saat Presiden Iran Ahmadinejad meninggalkan Havana dan meneruskan perjalanan ke Venezuela pada Ahad dan termasuk singgah di Nikaragua, Ekuador, dan Kuba.

Presiden Iran merencanakan lawatan ke negara-negara Amerika Latin untuk meraih perhatian global di saat ketegangan tumbuh antara Amerika Serikat dan Iran mengenai program nuklir untuk kepentingan damai bangsanya.

Negara-negara Barat dan Amerika menuding Iran mengembangkan program nuklirnya untuk pembuatan senjata, meskipun berkali-kali dibantah bahwa program nuklirnya untuk kepentingan damai.

(H-AK)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012