Badung (ANTARA) - Delegasi Melanesia Spearhead Group (MSG) dijadwalkan berkunjung ke Markas Komando Satuan Brigade Mobile (Brimob) Polda Bali pada Kamis (9/6) sebagai bagian dari rangkaian Pertemuan Ke-4 Kelompok Kerja Strategi Keamanan Regional (RSS) MSG di Badung, Bali.

Wakil Kepala Kepolisian Negara RI (Wakapolri) Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono menyampaikan para delegasi asing itu akan melihat langsung kesiapsiagaan pasukan Brimob Polda Bali dalam menghadapi berbagai ancaman keamanan di dalam negeri.

"Teman-teman dari MSG akan berkunjung ke Polda Bali, dan Brimob dan beberapa tempat lain di Bali," kata Gatot Eddy pada sela-sela kegiatannya membuka acara The 4th Melanesian Spearhead Group Regional Security Strategy Working Group di Badung, Selasa.

Melanesian Spearhead Group (MSG) merupakan organisasi kerja sama antarnegara di kawasan Melanesia yang terdiri atas Fiji, PNG, Kepulauan Solomon, dan Vanuatu. Indonesia pada organisasi itu merupakan associate member atau mitra dari MSG. Namun, Indonesia, yang delegasinya diwakili oleh Polri, memiliki status keanggotaan penuh pada Kelompok Kerja Strategi Keamanan Regional (RSS) MSG.

Oleh karena itu, Indonesia pun bertindak sebagai tuan rumah pada Pertemuan Ke-4 MSG RSS. Sejauh ini, Indonesia telah dua kali menjadi tuan rumah pertemuan MSG RSS mengingat rapat pertama kelompok kerja itu berlangsung di Bandung, Jawa Barat, pada tahun 2017.

Untuk pertemuan tahun ini, yang dibuka langsung oleh Wakapolri, Selasa, rangkaiannya telah berlangsung sejak Senin (6/6). Namun, agenda rapat berlangsung pada hari Selasa dan berakhir pada hari Rabu (8/6).

Isu-isu yang dibahas dalam pertemuan itu, di antaranya mengenai upaya peningkatan keamanan di perbatasan dan wilayah perairan, perbaikan tata kelola ruang siber di negara-negara anggota MSG, penguatan kelembagaan dan kerja sama di kawasan demi memberantas kejahatan lintas batas (transnasional).

Para delegasi, yang berasal dari Fiji, Papua Nugini (PNG), Kepulauan Solomon, Vanuatu, dan Indonesia, juga membahas dampak perubahan iklim yang diyakini bagian dari ancaman keamanan.

Pertemuan dijadwalkan berakhir pada hari Rabu (8/6), yang diisi oleh kegiatan penyampaian hasil serta rekomendasi untuk Kelompok Kerja Strategi Keamanan Regional Melanesian Spearhead Group.

Walaupun demikian, para delegasi dijadwalkan masih mengikuti beberapa rangkaian di luar acara inti (side events), yaitu berkunjung ke Markas Polda Bali pada hari Rabu dan Markas Komando Satuan Brimob Polda Bali pada hari Kamis (9/6).

Tidak hanya ke markas kepolisian, para delegasi juga dijadwalkan berkunjung ke sejumlah tempat wisata, yaitu Pura Luhur Uluwatu untuk menikmati matahari terbenam dan Tari Kecak, serta Garuda Wisnu Kencana (GWK).

Baca juga: MSG RSS Ke-4 di Bali diharapkan sepakati strategi keamanan Melanesia

Baca juga: Polri serahkan sumbangan sukarela kepada Melanesian Spearhead Group

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022