Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir menyebut Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri berpesan agar terus menggelorakan sejarah Indonesia lewat Gedung Sarinah yang terletak di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Bahkan, Megawati secara khusus meminta Erick Thohir agar membuatkan sebuah studio pertunjukan yang menampilkan fakta-fakta sejarah bangsa Indonesia.

"Beliau (Megawati) berpesan kalau bisa nanti fakta-fakta sejarah bisa terus digulirkan di Sarinah, bagaimana kita sebuah kebangsaan ada naik turunnya dalam sejarah," kata Erick kepada wartawan usai mendampingi Megawati bersama cucunya berkeliling sembari menunjukkan karya seni di Gedung Sarinah, Jakarta, Senin.

Baca juga: Menteri Erick: Pemugaran Sarinah pulihkan sejarah Indonesia

"Nah itu mungkin kita coba ada bioskop mini tetapi bukan movie theater yang besar, bioskop mini supaya orang bisa lihat sejarah kita, sejarah Sarinah, sejarah lain-lain," ujarnya.

Menurut Megawati, kata Erick, dibuatnya sebuah studio pertunjukan akan memudahkan bagi generasi muda memahami tentang sejarah.

Apalagi, katanya, kini media sosial yang digandrungi anak-anak muda diisi oleh tampilan visual berupa gambar.

Baca juga: Megawati berpesan agar pelaku UMKM dilibatkan di gedung Sarinah

"Yang secara visual mudah dibayangkan oleh generasi muda sekarang karena ini kan eranya Tiktok dan Youtube," ujar Erick.

Erick mengaku bersyukur bahwa Megawati sangat puas setelah berkeliling di Galeri Seni dan Galeri Bung Karno. Namun, lanjut Erick, ada beberapa catatan yang akan ditingkatkan oleh Sarinah, termasuk menambahkan gambar berupa visual soal sejarah bangsa.

"Alhamdulillah, beliau (Megawati) tadi memuji. Tinggal tadi catatan ditambah sejarah secara visualisasi yang mudah bisa generasi muda mengerti dan mengikuti," jelas Erick Thohir.

Baca juga: Megawati didampingi dua cucunya saat berkunjung ke Sarinah

Sebelumnya, Megawati Soekarnoputri didampingi cucunya Pita dan Prisha, putri Mohammad Rizky Pratama meninjau sejumlah lokasi di Mal Sarinah, termasuk Galeri Bung Karno.

Hadir cucu Bung Karno Puti Guntur Soekarno dan Penata Busananya Samuel Wattimena.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022