Mekkah (ANTARA) - Jamaah calon haji Indonesia sangat terbantu dengan kehadiran petugas haji dalam berbagai layanan, salah satunya seperti membantu menyeberangkan jamaah dari halte sektor satu Mahbas Jin ke Terminal Bab Ali, Mekkah.

"Alhamdulillah Indonesia memperhatikan sekali ini. Mulai dari kebutuhan haji, ini kelihatannya sepele tapi sangat bermanfaat untuk kami," kata Pujiati (47), calon haji Embarkasi Surabaya (SUB) asal Lamongan, Jawa Timur di Mekkah, Sabtu.

Ia mengaku sangat puas dengan layanan yang diberikan mulai dari kedatangan jamaah sampai mereka tiba di Mekkah.

"Sangat memuaskan, mulai dari kita datang sampai sekarang. Indonesia hebat," kata Pujiati.

Baca juga: Layanan jamaah haji gelombang pertama sangat baik

Hal senada diungkapkan Slamet Riyanto (54) mengatakan sangat terbantu dengan kehadiran petugas haji Indonesia mulai dari membantu saat shalat jamah, ketika melaksanakan umrah dan lainnya.

"Alhamdulillah terbantu dengan adanya petugas haji Indonesia. Terima kasih banyak," kata Slamet.

Menurut dia, sulit untuk menyeberang sendiri karena kendaraan yang lewat sangat kencang, selain itu jalan yang harus dilalui merupakan jalan umum yang cukup lebar.

"Kalau tidak dibantu petugas haji Indonesia, ini sangat sulit untuk menyeberang," tambah Slamet.

Calon haji asal Surabaya, Hasan juga sangat berterima kasih kepada petugas haji Indonesia karena pelayanan petugas sangat baik.

"Alhamdulillah pelayanan petugas Indonesia sangat baik. Kita dilayani dengan baik, saya berterima kasih. Seharusnya tadi saya cari bis yang turun di Mahbas Jin tapi tidak bisa turun karena banyak orang India, akhirnya mutar lagi ke sini," katanya.

Baca juga: PPIH Arab Saudi mendapat tambahan 200 petugas haji

Petugas transportasi Nopianto Hakim mengatakan, tugasnya dibagian transportasi khususnya di sektor 1 Mahbas Jin untuk mengatur dan memastikan keselamatan jamaah.

Selain itu mereka yang bertugas juga membantu mengarahkan jamaah ke bus shalawat dengan selamat karena di sektor tersebut paling ramai karena merupakan rute internasional.

Di sektor satu tersebut sebanyak enam orang disiagakan dalam satu shift selama 12 jam yang berjaga di tiga titik.

Farid Muzakki, petugas transportasi lainnya mengatakan, petugas dibutuhkan untuk membantu menyeberangkan jamaah karena jamaah yang ditempat di sektor satu harus menyeberang jalan raya King Abdul Aziz road karena terowongan penyeberangan sedang dibangun.

Di sektor 1 Mahbas Jin terdapat sebanyak enam hotel yang ditempati jamaah yaitu Swis Bel Hotel, Arkan Bakkah 1, Arkan Bakkah 2, Dar Ummul Qura Golden, Safwat Al Bait 1, Bab Al Multazam.

 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022