...tak hanya sekedar ide, tetapi harus diikuti dengan praktik,"
Jakarta (ANTARA News) - Pemimpin opisisi Malaysia, Anwar Ibrahim, mengatakan masalah utama  dalam ekonomi dan politik adalah keserakahan para pemimpin.

"Negara semiskin (sumber daya alam) apapun jika diurus dengan baik, maka akan mampu menjaga rakyatnya dengan baik," ujar Anwar Ibrahim dalam pidato kebudayaan "Kepemimpinan Dalam Dinamika Perubahan Ekonomi Politik" di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Senin.

Keserakahan akan kekuasaan dan kekayaan ini, kata Anwar, yang membuat pemimpin lupa mengurus rakyatnya. Untuk itu, lanjut dia, diperlukan pemimpin yang benar-benar memikirkan rakyat.

"Untuk itu perlu adanya guiding idea yang harus sesuai dengan kenyataan, tak hanya sekedar ide, tetapi harus diikuti dengan praktik," katanya.

Anwar yang mengenakan kemeja putih yang dipadukan jas hitam, mengatakan  yang diperlukan adalah ketegasan untuk melawan korupsi.

"Setiap pemimpin mempunyai gaya masing-masing, Soekarno yang memukau, Hatta dengan kekuatan pribadinya. Tapi yang lebih penting adalah kekuatan moral dan meyakinkan kepada publik dengan pembuktiannya," tukas Anwar.
(I025)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012