Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar India untuk Indonesia, Biren Nanda menyatakan harapannya agar kaum muda Indonesia dan India dapat bersatu.

"Saya harap, kaum muda India dan Indonesia dapat bekerja sama dalam menghadapi berbagai tantangan dan kesempatan di masa yang akan datang," kata Biren pada acara "A Slice of India in Paramadina University", Jakarta, Selasa.

Biren Nanda yang telah menjadi Duta Besar India untuk Indonesia selama 3,5 tahun tersebut menekankan arti pentingnya bagi pemuda di kedua negara untuk saling belajar mengenai budaya masing-masing.

"Dengan mengetahui budaya masing-masing negara akan meningkatkan pemahaman sehingga proses kerja sama dapat dilakukan dengan baik di masa yang akan datang," kata Biren.

Selain itu, Biren juga menyebutkan berbagai persamaan dalam elemen budaya serta tantangan yang dihadapi Indonesia dan India.

"Negara kita sama-sama merupakan sungai peradaban yang banyak dipengaruhi oleh budaya asing seperti Arab, Portugis dan bangsa Eropa lain. Oleh karena itu, kita punya ritual tradisi yang hampir mirip, selain itu beberapa kata dalam bahasa nasional kita juga hampir sama," kata dia.

Menurut Biren, tantangan yang dihadapi kedua negara hingga saat ini antara lain adalah ketidaksetaraan jender, kemiskinan serta kebebasan pers.

Biren berharap, dengan adanya acara kebudayaan seperti "Slice of India" ini mampu merekatkan hubungan Indonesia dan India yang telah dijalin selama 60 tahun guna menjawab tantangan di masa yang akan datang.

Acara kebudayaan tersebut dihadiri oleh Rektor Universitas Paramadina, Anies Baswedan. Acara dimulai dengan menyalakan lampu lilin yang menyimbolkan awal pembelajaran, sebuah tradisi di India.

Dalam acara tersebut disuguhkan berbagai pertunjukan seni khas India seperti tari Kathak dan tari Vendana. (ANT)

(I027/A011)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012