Jakarta (ANTARA) - Bank sentral China meningkatkan dukungan untuk pembayaran dengan renminbi dalam bentuk dan model baru perdagangan luar negeri guna melayani ekonomi riil serta memfasilitasi perdagangan dan investasi secara lebih baik.

Dalam sebuah surat edaran baru-baru ini, People's Bank of China (PBOC) menyempurnakan kebijakan untuk bisnis renminbi lintas perbatasan dalam e-commerce dan model baru perdagangan luar negeri lainnya.

Cakupan bisnis institusi pembayaran akan diperluas dari perdagangan barang dan jasa hingga ke rekening berjalan. Selain itu, pencegahan dan pengendalian risiko akan diperkuat dengan persyaratan yang jelas untuk berbagai isu, diantaranya verifikasi autentisitas dan upaya antipencucian uang.

Mulai berlaku 21 Juli mendatang, kebijakan baru ini akan memberikan layanan keuangan yang lebih baik bagi perusahaan-perusahaan perdagangan, memandu pembangunan yang sehat bagi model-model baru perdagangan, serta membantu menstabilkan ekonomi, urai PBOC.

Selain e-commerce, bentuk dan model baru perdagangan luar negeri juga mencakup pengadaan pasar, perdagangan lepas pantai, serta gudang di luar negeri. China meningkatkan upaya untuk mendorong pertumbuhan model dan bentuk baru perdagangan luar negeri tersebut guna menggenjot peningkatan perdagangan luar negeri dan mengembangkan kekuatan kompetitif baru.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022