Jakarta (ANTARA) - Data resmi menunjukkan bahwa mesin pemetik kapas menggantikan tenaga kerja manual untuk melakukan 80 persen proses pemetikan kapas selama musim panen di Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, daerah produsen kapas terbesar di negara tersebut.

Menurut pusat pengembangan mekanisasi pertanian regional, lebih dari 6.300 mesin pemetik kapas digunakan di Xinjiang. Pada 2021, tingkat mekanisasi dalam proses pemetikan kapas di daerah tersebut melampaui 80 persen.

Tahun ini, area penanaman kapas di Xinjiang mencapai sekitar 37 juta mu (sekitar 2,46 juta hektare). Dengan penggunaan mesin pertanian modern yang komprehensif seperti mesin pemetik kapas, pertanian kapas di daerah itu tidak lagi menggunakan tenaga kerja manual intensif, ungkap pusat pengembangan tersebut.

Output kapas di Xinjiang menembus 5,1 juta ton pada 2021, menyumbang sekitar 90 persen dari total output kapas China serta mempertahankan peringkat pertama daerah tersebut sebagai produsen kapas terbesar di China selama lebih dari dua dekade. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022