Jakarta (ANTARA News) - erusahaan penyedia peranti lunak keamanan Symantec baru-baru ini menemukan sebuah email penipuan yang memanfaatkan kehebohan iPad 3 yang belum diluncurkan.

"Para penipu (Spammer) berharap dapat menipu orang-orang yang sudah tidak sabar mendapatkan perangkat tersebut," kata Director for Consumer Business in Asia Symantec Effendy Ibrahim dalam siaran pers yang diterima ANTARA News pada Selasa (31/1).

Email itu memperkenalkan diri mereka sebagai CEO Facebook Mark Zuckerberg yang menjelaskan Facebook telah bekerjasama dengan Apple untuk mempromosikan sebuah iPad 3 secara gratis.

Hal itu tentu informasi palsu tapi penipu itu berusaha untuk menarik calon korban dengan menyatakan mereka telah terpilih dari database Facebook secara acak. Pengguna kemudian diminta untuk mengklik sebuah link dan mengisi sebuah survey sehingga scammer (penipu) mendapatkan informasi pribadi dan memastikan bahwa alamat email anda adalah benar.

"Mereka juga akan mengirimkan lebih banyak spam di masa yang akan datang," katanya.

Symantec menyarankan pengguna Internet untuk tidak mengklik link mencurigakan dalam email. Hindari memberikan informasi pribadi apapun saat menjawab email. Jangan pernah memasukkan informasi pribadi pada halaman atau layar pop-up. Saat memasukkan informasi pribadi atau finansial, pastikan website tersebut terenkripsi dengan sertifikat SSL dengan melihat pada padlock, ‘https’ atau address bar yang berwarna hijau.
(adm)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012