Jakarta (ANTARA) - Kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG Bursa Efek Indonesia saat penutupan perdagangan kemarin menjadi salah satu berita yang paling banyak dibaca pada kanal ekonomi Antaranews.com, Selasa (21/6). IHSG tercatat menguat 67,69 poin ke posisi 7.044,07 atau 0,97 persen mengikuti kenaikan bursa saham di kawasan Asia.

Selain itu, informasi terkait pembangunan infrastruktur dasar IKN Nusantara pada Agustus 2022 hingga Indonesia yang mengajukan diri jadi dewan eksekutif Organisasi Pariwisata Dunia juga menarik untuk dibaca guna menambah wawasan sebelum memulai aktivitas pagi ini.

Berikut berita-berita terpopuler ekonomi selengkapnya:


IHSG menguat pada akhir perdagangan

Sepanjang Selasa kemarin, frekuensi perdagangan saham di IHSG tercatat sebanyak 1.211.908 kali transaksi dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 24,39 miliar lembar saham senilai Rp13,55 triliun. Sebanyak 352 saham naik, 190 saham menurun, dan 145 tidak bergerak nilainya.

Baca selengkapnya di sini


Kurs rupiah menguat

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta menguat pada Selasa sore, seiring pelaku pasar yang menanti testimoni Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat, Federal Reserve (Fed) Jerome Powell.

Rupiah ditutup menguat 23 poin atau 0,16 persen ke posisi Rp14.813 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.836 per dolar AS

Baca selengkapnya di sini


Indonesia ajukan diri jadi Dewan Eksekutif UNWTO

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan Indonesia mengajukan diri sebagai Dewan Eksekutif Organisasi Pariwisata Dunia atau United Nations World Tourism Organization (UNWTO) periode 2023-2027.

Partisipasi Indonesia sebagai anggota Dewan Eksekutif dapat mengangkat isu-isu kekinian, pariwisata berkualitas dan berkelanjutan, serta pariwisata berbasis komunitas yang bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Baca selengkapnya di sini


Pembangunan infrastruktur dasar IKN mulai Agustus 2022

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan akan memulai pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Agustus 2022.

“Selain SHMS dan ITS, akan diprioritaskan juga feasibility study dan basic design untuk jalan akses IKN karena kami akan memulai pembangunan infrastruktur dasar IKN pada Agustus 2022 mendatang,” ujarnya.

Baca selengkapnya di sini


Indonesia ajak negara dunia tekan 'food loss and waste'

Pemerintah Indonesia mengajak negara-negara dunia untuk menerapkan konsep pengurangan food loss and waste (FLW) untuk mengurangi makanan yang terbuang secara percuma terhadap ketersediaan pangan yang ada.

"Besarnya potensi penurunan FLW yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber ketersediaan pangan menjadi alasan mengapa aspek ini menjadi target pencapaian pembangunan berkelanjutan khususnya pada konsumsi dan produksi yang bertanggungjawab," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Baca selengkapnya di sini


Baca juga: Kemarin, pasar saham tumbuh positif hingga penjualan obligasi
Baca juga: Presiden akan tinjau sejumlah proyek di IKN Nusantara
Baca juga: BI gandeng TNI gelar ekspedisi rupiah berdaulat ke pulau terluar Jatim



 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022