Itu menyangkut tentang program Kemenparekraf menampilkan budaya, seni yang ada di lingkungan, yang mungkin akibat pandemi COVID-19 telah menurun kegiatannya, sehingga mesti ditampilkan kembali untuk dikembangkan
Garut, Jabar (ANTARA) - Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah mendukung program pemerintah melalui kementerian terkait yang menggelar nonton film layar lebar dan pertunjukan seni untuk menghibur masyarakat, sekaligus menggairahkan pariwisata, seni, dan budaya di pelosok selatan Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Itu menyangkut tentang program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menampilkan budaya-budaya, seni yang ada di lingkungan yang mungkin akibat pandemi COVID-19 telah menurun kegiatannya, sehingga mesti ditampilkan kembali untuk dikembangkan," katanya melalui pernyataan yang diterima di Garut, Rabu (22/6) 2022.

Ia mengatakan upaya untuk membangkitkan kembali pariwisata, seni, dan budaya daerah, salah satunya dengan melibatkan pelaku seni maupun budaya untuk tampil dalam setiap kegiatan pemerintahan.

Seperti acara yang digelar Kemendikbudristek di Kecamatan Cibalong, Garut, kata dia, melibatkan pelaku seni dalam acara nonton bersama film layar lebar.

"Setiap kegiatan ada satu tampilan seni budaya yang ditampilkan sebelum kegiatan-kegiatan dimulai, untuk memberikan kesempatan kepada pelaku wisata dan seni agar masyarakat tahu," katanya.

Ia menyampaikan kegiatan nonton bersama yang digelar Kemendikbudristek itu memiliki tugas pesan yakni ada nilai tuntunan, pendidikan, dan kebudayaan.

Selain itu, lanjut dia, mengenalkan film karya anak bangsa kepada masyarakat luas, khususnya di wilayah selatan Kabupaten Garut.

"Kita harus bangga apa yang kita alami sekarang tinggal di wilayah Republik Indonesia, marilah kita bangga buatan Indonesia dan selalu cinta Tanah Air melalui film," katanya.

Kepala Pokja Perizinan, Pengendalian, dan Advokasi Direktorat Perfilman, Musik dan Media pada Kemendikbudristek, Nuzul Kristanto menambahkan pemerintah berupaya membangkitkan perfilman nasional yang saat ini banyak digemari masyarakat perkotaan maupun perdesaan.

Kemendikbudristek, kata dia, sudah kesekian kalinya menggelar acara hiburan yang mendidik yaitu nonton bersama film layar lebar secara terbuka dan gratis bagi masyarakat umum.

"Kegiatan ini bertujuan lebih memperkenalkan film-film karya anak bangsa yang kualitasnya tak kalah oleh film-film dari luar, dengan nonton film Indonesia diharapkan menjadi momentum untuk membangkitkan kembali semangat dunia perfilman
Indonesia," demikian Ferdiansyah.

Baca juga: Kemenparekraf harap kreator film Garut angkat ciri khas daerah

Baca juga: Kemendikbudristek beri sertifikat dua warisan tak benda budaya Garut

Baca juga: Kemenparekraf dorong usaha pariwisata di Garut bersertifikasi SNI

Baca juga: Kemendikbudristek kenalkan ragam budaya melalui film di Garut


 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022