Jakarta (ANTARA) - China telah membuat awal yang baik dalam mendorong vitalisasi pedesaan di semua lini, kata Liu Huanxin, Kepala Administrasi Revitalisasi Pedesaan Nasional China.

Hingga 2021, China telah mencapai transisi yang mulus untuk menyelaraskan upaya-upaya konsolidasi dan perluasan pencapaian pengentasan kemiskinan dengan upaya vitalisasi pedesaan, kata Liu saat menyampaikan laporan dalam sesi ke-35 Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional ke-13 pada Selasa (21/6).

Setelah mendeklarasikan penghapusan kemiskinan absolut pada awal 2021, China meluncurkan beberapa langkah untuk mengonsolidasikan sejumlah pencapaian dalam pengentasan kemiskinan, termasuk mekanisme pemantauan dan dukungan yang dinamis demi mencegah populasi yang dulunya miskin kembali jatuh dalam kemiskinan.

Menghadapi berbagai tantangan, Liu menjanjikan langkah-langkah yang lebih solid dan implementasi yang lebih baik untuk mengonsolidasikan dan memperluas pencapaian pengentasan kemiskinan serta mendorong vitalisasi pedesaan.

Selama empat dekade terakhir, China telah mengentaskan hampir 800 juta orang keluar dari kemiskinan berdasarkan basis garis kemiskinan global 1,9 dolar AS (1 dolar AS = Rp14.860) per hari, menurut laporan yang dirilis bersama oleh Kementerian Keuangan China, Pusat Penelitian Pembangunan Dewan Negara China, dan Bank Dunia.

Angka tersebut menyumbang sekitar 75 persen dari pengurangan kemiskinan global dalam periode yang sama. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022