Batam (ANTARA) - Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam menyatakan  seluruh jamaah dari embarkasi tersebut telah membayar dam (dengan menyembelih hewan) usai menjalankan ibadah umrah wajib dalam rangkaian ibadah haji 1443 Hijriah.

"Semuanya sudah melaksanakan ibadah umrah wajib, mereka juga sudah melaksanakan membayar dam dengan menyembelih hewan, dam tamattu namanya," kata Sekretaris PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam, Edi Batara saat diwawancara di Batam, Jumat.

Artinya, jamaah melaksanakan ibadah umrah dulu baru ibadah haji. Jadi, wajib menyembelih seekor kambing atau domba, satu ekor per orang.

Baca juga: Seorang calon haji dari Riau meninggal dunia di Mekkah

Baca juga: PPIH Embarkasi Batam telah berangkatkan 5.391 calon haji


Selain itu, Edi mengatakan saat ini jamaah Embarkasi Hang Nadim Batam melakukan berbagai kegiatan ibadah secara mandiri ataupun berkelompok, di antaranya melaksanakan umrah sunnah hingga mengunjungi tempat-tempat bersejarah.

"Kemudian hari-hari sekarang ini jamaah melaksanakan ibadah umrah sunnah. Niatnya dilakukan di tempat-tempat yang terdekat sesuai syariah. Kemudian mereka melihat tempat-tempat bersejarah seperti makam Siti Khadijah, terus ke rumah tempat Rasulullah lahir, dan lainnya," ujar dia.

Sementara itu, dalam video yang dibagikan petugas Humas PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam, Jumat, memperlihatkan jamaah Kloter 3 berada di dalam bus untuk menuju ke lokasi penyembelihan hewan.

"Rombongan jamaah haji Kabupaten Sambas Kalimantan Barat Kloter 3 akan melakukan ziarah dan menyembelih hewan, jadi jamaah sedang memasuki bus menuju lokasi dan menyaksikan penyembelihan hewan dam," kata Ketua Kloter tiga Embarkasi Hang Nadim Batam, Ahadi Muhammad Saad dalam dalam video yang dibagikan petugas Humas PPIH.*

Baca juga: Dua calon haji Kloter 12 Embarkasi Batam batal berangkat karena sakit

Baca juga: 14 calhaj Kloter 12 Embarkasi Batam gunakan jam pintar karena risti

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022