Jakarta (ANTARA) - China dalam lima bulan pertama 2022 menerima dana sebesar 47,68 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp14.964) dalam bentuk modal asing untuk proyek-proyek besar yang didanai asing, masing-masing dengan investasi terkontrak setidaknya 100 juta dolar AS.

Nilai tersebut diketahui naik 40,3 persen secara tahunan (year on year/yoy), demikian menurut data dari Kementerian Perdagangan China pada Kamis (30/6).

Jumlah tersebut mewakili 54,3 persen dari total investasi asing dalam penggunaan aktual secara nasional pada periode lima bulan itu, menurut data tersebut.

Shu Jueting, juru bicara kementerian itu, mengatakan dalam konferensi pers bahwa sekumpulan perusahaan global telah mempercepat ekspansi bisnis mereka di China, menunjukkan kepercayaan yang tidak berubah di pasar China dan prospek bisnis jangka panjang mereka di negara itu.

Pihak kementerian akan terus meningkatkan dukungan untuk proyek-proyek investasi asing besar dan membantu mengatasi berbagai kesulitan yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan, ujarnya.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022