Pelabuhan Sadai rencananya akan difungsikan untuk melayani pelayaran kapal Roro atau kapal barang, maka kami tinjau apakah sudah layak.
Toboali, Babel, (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Sadai di Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung.

"Pelabuhan Sadai rencananya akan difungsikan untuk melayani pelayaran kapal Roro atau kapal barang, maka kami tinjau apakah sudah layak," kata Menhub saat meninjau pelabuhan tersebut di Toboali, Minggu.

Menhub juga meminta gubernur setempat untuk melakukan identifikasi terhadap kondisi seluruh pelabuhan di "Negeri Serumpun Sebalai" itu.

"Nanti gubernur segera mengidentifikasi pelabuhan mana saja yang menjadi prioritas dan mesti dibangun cepat," katanya.

Baca juga: Menhub optimis kolaborasi dapat memulihkan penerbangan di Indonesia

Budi Karya Sumadi juga mengatakan, selain Pelabuhan Sadai dirinya juga melihat kondisi pelabuhan lainnya di Babel.

"Selama kunjungan ke Babel, saya juga akan meninjau pelabuhan lainnya terutama pelabuhan yang berpotensi difungsikan sebagai pelabuhan bongkar muat," katanya.

Gubernur Babel, Ridwan Djamalludin mengatakan akan memanggil seluruh bupati dan wali kota, untuk duduk bersama membahas pengembangan sejumlah pelabuhan.

"Nanti kita akan duduk satu meja dengan seluruh bupati dan wali kota di daerah ini karena tadi menteri bicara produktivitas, jangan sampai pelabuhan dibangun namun tidak ada produksinya," katanya.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022