Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan sarana promosi melalui digitalisasi menjadi bagian penting dari 27 pelaku ekonomi kreatif di Tegal, Jawa Tengah, yang berpartisipasi dalam Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022.

Karena itu ia turut melakukan endorsement sebagai upaya meningkatkan daya jual produk mereka agar semakin dikenal masyarakat.

"Sentuhan seperti ini yang diperlukan sekarang sehingga pemerintah bisa mampu untuk memberikan solusi kepada masyarakat terutama dalam menghadapi tantangan ekonomi yang mereka hadapi," ujar Menparekraf Sandiaga Uno di Tegal, Jawa Tengah, lewat keterangan resmi, Jakarta, Senin.

Lebih lanjut dia mengharapkan penyelenggaraan pameran AKI 2022 di daerah tersebut dapat memperluas pasar terhadap produk dari para pelaku ekonomi kreatif (ekraf).

Baca juga: Menparekraf: Promosi pariwisata Indonesia akan beralih ke digital

Selain untuk mendorong daya beli masyarakat, kehadiran AKI juga untuk mendukung kampanye #BanggaBuatanIndonesia dan mendorong target menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru pada  2022 dan 4,4 juta di tahun 2024.

"Optimisme kebangkitan itu terlihat dari tampilan 27 peserta Apresiasi Kreasi Indonesia. Merekalah ujung tombak yang akan membuka 1,1 juta lapangan pekerjaan baru," kata Sandiaga Uno.

Seperti diketahui, AKI adalah salah satu program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang menyasar 16 kabupaten/kota di Indonesia. Acara tersebut dianggap menjadi wahana promosi yang efektif sehingga diharapkan ekonomi masyarakat dapat meningkat.

"Ini adalah bentuk dukungan kita kepada UMKM Tegal karena Tegal memiliki ragam potensi ekonomi kreatif yang sangat baik. Mulai dari produk kuliner sampai juga produk yang berkaitan dengan wisata," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca juga: Sandiaga targetkan 10 ribu pelaku ekraf daftar Program AKI 2022

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022