Jakarta (ANTARA) - Sekitar 1,09 juta mobil menikmati pemangkasan pajak pembelian mobil di China dalam bulan pertama penerapan kebijakan tersebut, menurut badan perpajakan tertinggi China.

Kebijakan pemangkasan pajak itu, yang berlaku untuk beberapa kendaraan penumpang rendah emisi, telah menghemat sekitar 7,1 miliar yuan (1 yuan = Rp2.233) bagi para pembeli mobil, tunjuk data dari Administrasi Perpajakan Negara.

Pada akhir Mei lalu, China mengumumkan pemangkasan separuh pajak pembelian mobil untuk kendaraan penumpang dengan harga tidak lebih dari 300.000 yuan dan dengan kapasitas mesin 2 liter atau lebih kecil, yang akan berlangsung dari 1 Juni hingga akhir tahun ini.

Langkah tersebut adalah bagian dari perpaduan kebijakan China untuk menjaga ekonomi tetap stabil karena penjualan kendaraan sangat berarti bagi pertumbuhan konsumsi negara.

Data industri terbaru menunjukkan bahwa penjualan mobil di China sedang meningkat. Penjualan ritel kendaraan penumpang mencapai 1,42 juta unit selama periode 1 Juni-26 Juni, naik 27 persen secara tahunan (yoy). 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022