Untuk mengantisipasi karhutla pemerintah daerah bersama TNI, Polri bersama masyarakat di tingkat bawah sudah waspada dan siap siaga menghadapi musim kemarau yang diprediksi dimulai pada Agustus 2022,
Baturaja, Sumsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, siap siaga menghadapi musim kemarau tahun 2022, terutama terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Komering Ulu (OKU), Amzar Kristopa di Baturaja, Rabu mengatakan, menghadapi musim kemarau tahun ini pihaknya telah menetapkan status siaga karhutla.

"Untuk mengantisipasi karhutla pemerintah daerah bersama TNI, Polri bersama masyarakat di tingkat bawah sudah waspada dan siap siaga menghadapi musim kemarau yang diprediksi dimulai pada Agustus 2022," katanya.

Terlebih lagi, kata dia, Kabupaten OKU termasuk salah satu daerah di Sumsel yang rawan terjadi karhutla sehingga upaya antisipasi perlu dilakukan semaksimal mungkin.

Sebagai upaya penanggulangan pihaknya mengaktifkan kembali posko di setiap kecamatan di Kabupaten OKU yang diisi oleh personel BPBD dibantu masyarakat peduli api untuk siaga memantau titik panas yang berpotensi menimbulkan karhutla.

"Ada lebih dari 100 orang personel penanggulangan karhutla yang kami sebar di seluruh posko di 13 kecamatan di Kabupaten OKU," katanya.

Selain itu, BPBD OKU juga telah memasang rambu peringatan bencana karhutla di dua kecamatan yaitu di Kecamatan Sosoh Buay Rayap dan Lubuk Batang.

"Dua kecamatan ini merupakan daerah paling rawan bencana karhutla di Kabupaten OKU saat kemarau," katanya.

Adapun tujuan pemasangan rambu peringatan dini bencana alam tersebut, kata dia,  untuk mengedukasi masyarakat agar tidak membuka lahan dan hutan dengan cara dibakar karena berpotensi menimbulkan karhutla.

"Akan ada sanksi tegas bagi masyarakat yang kedapatan membuka lahan dengan cara membakar," demikian Amzar Kristopa .

Baca juga: BPBD OKU petakan daerah rawan karhutla

Baca juga: Lima kecamatan di Ogan Komering Ulu alami kekeringan

Baca juga: Distribusi air bersih PDAM Ogan Komering Ulu menurun selama kemarau

Baca juga: Kabupaten OKU Sumsel tetapkan status siaga karhutla

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022