Partai ini masih dibutuhkan untuk selalu ada demi wujudkan cita-cita Bung Karno.
Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memerintah kepada seluruh anggota fraksi partai ini se-Indonesia untuk memastikan diri terus bekerja keras turun ke tengah rakyat.
 
"Tak ada jalan selain turun ke bawah. Selalu temui dan bekerja bersama pengurus partai dari DPD, DPC, PAC, sampai ranting. Rakyat itu yang die hard. PDI Perjuangan tinggal membuka diri dan mau turun bersama rakyat di bawah," kata Megawati dalam Rapat Koordinasi Fraksi PDI Perjuangan Masa Bakti 2019—2024 di Gedung Sekolah Partai, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat.
 
Rapat itu menindaklanjuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II 2021 pada bulan Juni 2022.
 
Sebanyak 128 anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, termasuk Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua Fraksi Utut Adianto, mengikuti rapat tersebut. Hadir pula Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.
 
Seluruh jajaran DPP PDI Perjuangan turut hadir pada acara sejak pagi hingga sore hari itu.

Dalam pembukaan acara itu, peserta rakor melakukan doa bersama untuk almarhum Tjahjo Kumolo, Sekjen DPP PDI Perjuangan 2010—2014 dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Doa dipimpin Anggota Fraksi yang juga Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah.

Baca juga: Presiden Jokowi dan Ibu Iriana takziah ke rumah duka Tjahjo Kumolo

Baca juga: Mahfud sebut Jokowi sudah kantongi nama untuk posisi Menpan RB
 
"Saya katakan ini karena ingin membangkitkan spirit anggota fraksi. Jangan selalu merasa berada di zona nyaman," kata Megawati dalam siaran persnya.

Presiden kelima RI ini pun mengingatkan bahwa proses Pemilu 2024 sudah mulai, yakni dari pendaftaran serta verifikasi partai politik.
 
Mega juga meminta anggota fraksi ikut mendukung kerja struktur partai demi membereskan semua hal yang disyaratkan aturan perundang-undangan.
 
"Saya ingatkan kembali, turun ke bawah itu yang paling penting, bukan politik elite. Kalau selalu turun ke bawah, pasti menang. Pahami bahwa anggota FPDI Perjuangan adalah orang partai sehingga seharusnya memiliki api perjuangan nan kunjung padam," kata Megawati.
 
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa hasil survei menunjukkan peran anggota DPR makin penting, yakni dalam konteks opini masyarakat hingga kemampuan penetrasi dan mengorganisasi rakyat.

Dalam hal itu, kata dia, rakor fraksi ini menjadi langkah penting usai rakernas.
 
"Kami akan bahas bagaimana anggota fraksi bergerak cepat sehingga seluruh rekomendasi rakernas jadi panduan bagi seluruh gerak kepartaian kami yang dilakukan tiga pilar partai, termasuk legislatif dari pusat hingga daerah," kata Hasto.
 
Sementara itu, Puan Maharani menjelaskan bahwa rakor fraksi itu bertujuan agar seluruh anggota fraksi PDI Perjuangan bisa memahami dan menjiwai hasil rakernas.
 
Selain itu, rakor tersebut memastikan gerak fraksi makin baik untuk membumikan Pancasila dalam gerak serta kebijakan strategis pemerintahan.
 
Puan menyebutkan berbagai detail mengenai kinerja Fraksi PDI Perjuangan DPR RI sejauh ini. Secara khusus Puan mengingatkan agar seluruh anggota fraksi berjuang keras dan cerdas menjalankan tugasnya di DPR.
 
"Kami harus memastikan apakah misalnya rancangan undang-undang itu berpihak kepada rakyat? Apakah menciptakan perubahan lebih baik? Apakah akan makin memudahkan urusan rakyat? Jangan apa yang dikerjakan justru menjadi bumerang karena dianggap rugikan rakyat. Itu intinya," katanya.

Baca juga: PDIP kibarkan bendera setengah tiang atas meninggalnya Tjahjo Kumolo

Baca juga: Megawati: Perhitungan terkait capres belum selesai
 
Puan mendorong agar semuanya makin memperbanyak kegiatan maupun aktivitas bersama warga masyarakat di wilayahnya masing-masing.
 
"Turun ke lapangan, turun ke lapangan karena rakyat menunggu anggota fraksi PDI Perjuangan. Saya sendiri merasakan bagaimana getaran massa rakyat ketika turun ke bawah," tegas Puan.
 
Puan juga menekankan bahwa partainya bertekad memenangi Pemilu 2024 dan mencetak hattrick kemenangan pemilu tiga kali berturut-turut sejak 2014.

"Partai ini masih dibutuhkan untuk selalu ada demi wujudkan cita-cita Bung Karno," kata Puan.
 
Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Utut Adianto menegaskan bahwa seluruh legislator berkomitmen mendukung penuh dan menjaga pemerintahan Jokowi sampai 2024 sesuai dengan arahan Ketua Umum Megawati.
 
"Kami selalu ditugaskan Ibu Ketua Umum untuk menyapa struktur partai ketika reses. Sekaligus selalu diingatkan untuk mampu berempati kepada rakyat di bawah," ujarnya.

Disebutkan pula bahwa rakor fraksi terakhir pada tahun 2018. Karena pandemi, baru kali ini lagi diarahkan Ketua Umum Megawati, yang akan menambah semangat dan moril anggota fraksi PDI Perjuangan menuju hattrick pada tahun 2024.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022