Jakarta (ANTARA) - Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Indonesia Nafan Aji menyatakan peningkatan jumlah investor dari Generasi Z dan milenial tidak lepas dari peran penting dari para pelaku investor saham dan stakeholder yang terus melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai ilmu saham.

"Seperti melalui webinar-webinar yang memberikan edukasi baik itu analisa teknikal, analisa fundamental dan juga informasi saham yang didapatkan melalui media sosial," ucap Nafan saat dihubungi melalui telepon di Jakarta, Selasa.

Nafan juga menyebutkan fenomena peningkatan jumlah investor saham pada Generasi Z dan milenial sebesar lebih dari 80 persen ini perlu diapresiasi karena berdampak positif pada pasar modal.

Baca juga: Generasi Z dinilai sudah seharusnya mendominasi pasar saham

"Karena dengan adanya peningkatan tersebut juga berpeluang kedepannya terhadap pasar modal kita yang masih berkembang," ucapnya.

Selain karena alasan kemudahan dalam melakukan pendaftaran di investasi saham, para Generasi Z dan milenial juga berani terjun ke pasar saham karena nilai depositnya tidak terlalu besar seperti di sektor riil.

"Sekarang deposit Rp500 ribu saja bisa mulai investasi saham, jadi para investor baru juga bisa sambil belajar saham dengan modal yang tidak terlalu tinggi," katanya.

Nafan pun memproyeksikan ke depannya investor dari para Generasi Z dan milienial akan semakin berkembang karena kemajuan teknologi dan akses informasi yang lebih mudah.

Baca juga: Kiat memulai komitmen investasi bagi Generasi Z

Nafan juga mengharapkan dukungan dari otoritas terkait untuk mempermudah akses di pasar saham seperti pembukaan rekening saham, memperkuat pembangunan infrastruktur, dan juga melakukan inovasi-inovasi untuk menarik minat para calon investor baru.

Sebelumnya, PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat jumlah investor saham di pasar modal Indonesia telah menembus empat juta investor yang didominasi kaum milenial dan Generasi Z.

Berdasarkan data KSEI pada akhir semester I-2022, jumlah Single Investor Identification (SID) telah mencapai 4.002.289 investor, dengan 99,79 persen merupakan investor individu lokal.

Baca juga: Kemenkeu: Investor milenial jadi modal kurangi pembiayaan luar negeri

Baca juga: Kemenkeu: 50,8 persen investor obligasi ritel dari generasi millenial


Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022