Kupang (ANTARA) - Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat mengajak Pemerintah Spanyol untuk berinvestasi di daerah ini agar pembangunan di NTT terus menggeliat.

"NTT memiliki potensi sumber daya alam luar biasa yang dapat dikelola dan dikembangkan untuk mewujudkan kemajuan pembangunan dan mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat NTT," kata Viktor Bungtilu Laiskodat saat menerima kunjungan Duta Besar Kerajaan Spanyol untuk Republik Indonesia Y.M. Francisco Aguilera Aranda di Kupang, Rabu.

Gubernur mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT telah menetapkan sektor pariwisata sebagai "prime mover" pembangunan NTT dengan berbagai destinasi unggulan yang dimiliki, salah satunya Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, yang telah ditetapkan sebagai destinasi super premium di Indonesia.

Baca juga: Delegasi Sherpa G20 diajak cairkan suasana dengan mendaki Bukit Padar

Ia mengatakan dengan penetapan sebagai destinasi super premium maka sangat menguntungkan masyarakat NTT karena dunia bisa mengenal dan datang berwisata ke NTT untuk melihat langsung komodo sebagai satwa purba satu-satunya di dunia ada di NTT.

Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat menegaskan, Pemprov NTT sedang fokus untuk menyiapkan berbagai fasilitas hotel berkualitas sebagai akomodasi yang nyaman bagi para wisatawan yang berkunjung di Labuan Bajo.

Menurut dia, dengan fasilitas hotel yang memadai menjadi salah satu faktor pendukung agar para wisatawan dapat bertahan lama menikmati panorama alam eksotik yang dimiliki di destinasi super premium Labuan Bajo.

Dia menambahkan berbagai potensi sumber daya alam, wisata budaya, dan wisata religi yang dimiliki Provinsi NTT termasuk keindahan alam pulau terindah di dunia, yaitu Pulau Sumba, Pulau Flores, Lembata, Alor dan Rote Ndao dengan potensi perikanan yang sangat baik dan akan terus dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Indonesia ajukan penguatan ketahanan pangan pulau-pulau kecil di G20

"Kami berharap Pemerintah Spanyol membantu NTT agar pembangunan di daerah ini semakin pesat. Banyak potensi sumber daya alam yang bisa dikelola di NTT," katanya.

Sementara itu Duta Besar Kerajaan Spanyol untuk Republik Indonesia Y.M. Francisco Aguilera Aranda menyatakan rasa kagumnya dengan semakin pesatnya pembangunan di NTT.

“Saya senang mendengar perkembangan kemajuan pembangunan di NTT, di mana dengan program pembangunan yang tengah dilaksanakan sangat berguna untuk menyejahterakan masyarakat. Kita bisa menjajaki kerja sama yang saling mendukung untuk kemajuan bersama," kata Dubes Francisco.

Baca juga: Delegasi Sherpa G20 rekomendasi wisata Labuan Bajo ke komunitas global

Pada kesempatan itu Gubernur NTT sempat memberikan kalungan kain tenun ikat motif Sumba Timur kepada Dubes Francisco sebagai simbol penerimaan penuh kasih atas kehadiran Dubes Franciscio di NTT.

"Terima kasih Bapak Gubernur NTT, saya merasa sangat terhormat mendapatkan kain tenun ini. Saya yakin ini merupakan pemberian penuh makna, simbol persaudaraan yang akan terus terjalin antara saya dengan Bapak sebagai pemimpin dan seluruh masyarakat NTT," kata Dubes Fransisco yang berada di Kupang sebelum melanjutkan perjalanan dinasnya ke Dili , Republik Demokratik Timor Leste.
 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022