Jakarta (ANTARA) - Daerah Otonom Etnis Hui Ningxia di China barat laut mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang kuat sejak 2012, kata otoritas setempat dalam sebuah taklimat pers pada Senin (18/7).

Dalam satu dekade terakhir, Produk Domestik Bruto (PDB) daerah itu tumbuh dengan tingkat rata-rata tahunan sebesar 7,1 persen, dan PDB per kapita daerah tersebut tercatat naik hampir dua kali lipat.

Sejumlah industri, seperti kimia batu bara, energi baru, dan material baru, telah memperoleh pengakuan di tingkat nasional, menurut taklimat pers itu.

Dalam periode tersebut, nilai pendapatan rata-rata tahunan warga pedesaan tercatat meningkat 2,26 kali lipat menjadi 15.337 yuan (1 yuan = Rp2.222) dan nilai pendapatan rata-rata tahunan warga perkotaan tumbuh 1,96 kali lipat menjadi 38.291 yuan, papar Liang Yanshun, ketua Partai Komunis China di Daerah Otonom Etnis Hui Ningxia.

Daerah itu telah melakukan sejumlah upaya besar untuk mendorong inovasi ilmiah dan teknologi. Nilai investasi penelitian dan pengembangan (litbang) daerah tersebut tercatat naik dua kali lipat dalam satu dekade terakhir. 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022