Hanoi (ANTARA) - Duta Besar Vietnam untuk Argentina Duong Quoc Thanh menjabat sebagai Ketua Komite ASEAN di Buenos Aires (ACBA) selama enam bulan sejak pertemuan komite pada Senin (18/7).

Dubes Vietnam Thanh, yang melanjutkan kepemimpinan dari Dubes Malaysia Nur Azman Abdul Rahim, berjanji akan bekerja keras untuk mempromosikan pencapaian komite dan memberikan konstribusi untuk meningkatkan kerja sama antara ASEAN dengan Argentina juga dengan Uruguay dan Paraguay yang menjadi wilayah cakupannya.

Duta Besar - Duta Besar dari negara ASEAN percaya bahwa Dubes Thanh akan berhasil menyelesaikan misinya dalam enam bulan, berkontribusi untuk memperkuat citra dan posisi negara anggota ASEAN di Argentina dan kawasan, seperti dikutip dari Kantor Berita Vietnam (VNA), Rabu.

Mereka menyetujui usulan Vietnam untuk mempererat kerja sama dengan otoritas dan bisnis setempat, memfasilitasi kunjungan ke daerah-daerah potensial Argentina dengan tujuan meningkatkan hubungan kemitraan baik secara politik maupun ekonomi.

Selain itu Dubes Thanh akan bertemu cendekiawan, peneliti, dan politisi setempat untuk lebih mengerti mengenai negara tuan rumah, dan mengadakan sejumlah kegiatan untuk mempromosikan citra negara ASEAN serta menghubungkan asosiasi dengan masyarakat lokal.

Kedutaan besar Vietnam di Argentina akan menjadi tuan rumah peringatan ke-55 berdirinya ASEAN dengan mengadakan sejumlah kegiatan pertukaran antara perwakilan negara ASEAN di Buenos Aires seperti Hari Keluarga ASEAN, olahraga, kuliner dan kegiatan kebudayaan untuk memperkuat pemahaman dan solidaritas diantara sesama anggota ASEAN.

Sumber : VNA-OANA

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2022