Hanoi (ANTARA) - Pemimpin Vietnam dan Laos saling memberi ucapan selamat dalam acara peringatan 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara dan 45 tahun penandatanganan kesepakatan bilateral Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama.

Sekretaris Jenderal Komite Pusat Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong, Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh dan Ketua Majelis Nasional Vuong Dinh Hue mengirimkan ucapan selamat dan buket bunga kepada Sekretaris Jenderal Komite Pusat Partai Revolusioner Rakyat Laos (LPRP) dan Presiden Laos Thongloun Sisoulith, Perdana Menteri Laos Phankham Viphavanh, dan Presiden Majelis Nasional Laos Xaysomphone Phomvihane, demikian dikutip dari kantor berita VNA pada Rabu.

Pada kesempatan itu, para pemimpin Vietnam menegaskan hubungan Vietnam dan Laos telah menjadi model dari hubungan yang murni dan setia, serta aset berharga dari kedua negara dan partai.
Hubungan itu juga menjadi landasan penting dan faktor penentu kesuksesan revolusi kedua negara yang dilanjutkan dari generasi ke generasi.

“Terkait perkembangan dunia dan kawasan yang rumit dan sulit diprediksi, partai, negara, pemerintah, majelis nasional dan rakyat Vietnam selalu bertekad untuk melestarikan dan tak henti-hentinya mengkonsolidasikan hubungan khusus antara Vietnam dan Laos secara kuat," demikian pesan tersebut.

Pemimpin Vietnam menambahkan dengan dasar Perjanjian Persahabatan dan Kerjasama Vietnam dan Laos, kedua negara terus bekerja sama memperdalam hubungan bilateral dan membuatnya semakin efektif dan praktis, serta membantu mempromosikan pembaruan dan perkembangan sosial ekonomi masing-masing negara, dan secara aktif berkontribusi menjaga perdamaian, stabilitas, kerjasama dan perkembangan Masyarakat ASEAN, juga kawasan dan dunia.

Sementara itu para pemimpin Laos dalam pesannya menyatakan hubungan erat, solidaritas spesial dan hubungan komprehensif antara kedua negara terus digalakkan dan mendapatkan pencapaian penting di semua bidang selama lebih dari enam dekade.

Laos menggarisbawahi kedua negara telah berkoordinasi erat dalam semua bidang di semua tingkatan melalui jalur partai dan negara sehingga berkontribusi besar bagi pembangunan kedua negara, membantu memperbaiki kondisi hidup masyarakat, dan meningkatkan posisi kedua negara di kawasan dan dunia.

Dalam acara tersebut, para pemimpin Laos menyatakan rasa terima kasih atas persaudaraan partai, negara, pemerintah dan rakyat Vietnam yang memberi dukungan yang berharga, tepat waktu, dan efektif, serta bantuan terhadap revolusi Laos selama bertahun-tahun.

Laos berjanji akan terus berkoordinasi erat dengan Vietnam, menghargai dan memberi prioritas tertinggi untuk perlindungan, perlindungan dan promosi persahabatan, solidaritas khusus dan kerja sama komprehensif antara partai, negara dan rakyat kedua negara agar membuat hubungan selalu baik dan langgeng.

Dalam acara ini, Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri untuk Komite Pusat Partai Vietnam Le Hoai Trung, Menteri Luar Negeri Vietnam Bui Thanh Son dan pemimpin kementerian, sektor dan lokal juga menyampaikan ucapan selamat kepada timpalan di Laos.

Sumber: VNA-OANA

Penerjemah: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2022