Taos, New Mexico (ANTARA) - Dua wanita tewas dan seorang pria hilang akibat banjir bandang yang menyapu kawasan bekas kebakaran hutan di negara bagian New Mexico, Amerika Serikat, menurut pihak berwenang, Jumat (22/7).

Ketiga orang itu ada sangkut pautnya dengan perkemahan Blue Heaven, pusat kegiatan luar ruang untuk anak-anak, sekitar 16 km barat laut Las Vegas, kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Cabo Lucero, Tim Nix.

Tewasnya dua orang wanita itu merupakan insiden pertama yang dikaitkan dengan kobaran api Hermits Peak/Calf Canyon yang telah menghancurkan sedikitnya 170 rumah dan membuat 16 ribu orang mengungsi.

Selama badai petir baru-baru ini, tanah hutan yang terbakar tak bisa menyerap air dan lereng gunung berubah menjadi abu dan reruntuhan.

Jenazah dua wanita itu ditemukan pada Kamis di sepanjang tepi sungai Tecolote.

Aliran sungai Tecolote melewati perkemahan Blue Haven, kata Kantor Sheriff San Miguel County dalam sebuah pernyataan.

Polisi menemukan kendaraan terbalik di sungai tanpa ada orang di dalamnya, kata pernyataan itu.

"Kami sedang mencari orang ketiga," kata Nix. "Mereka semua terkait dengan perkemahan Blue Heaven."

Saluran berita KOB4 menayangkan video semburan air hitam yang diselimuti abu mengalir melalui perkemahan Blue Haven pada Kamis.

Perkemahan itu belum menanggapi permintaan untuk berkomentar.

Kebakaran hutan yang diikuti oleh banjir telah menimbulkan kehancuran hingga 45 mil dari Pegunungan Sangre de Cristo di timur laut Santa Fe.

Lebih dari 430 rumah hancur, jalan-jalan rusak dan lahan-lahan pertanian tertutup reruntuhan sejak kebakaran dimulai pada April.

Gubernur New Mexico Michelle Lujan Grisham lewat pernyataan pada Jumat meminta Presiden Joe Biden untuk memberikan 100 persen bantuan dana federal untuk upaya perlindungan dan pemindahan reruntuhan guna mengantisipasi banjir.

Lujian Grisham menyalahkan Dinas Kehutanan AS atas kebakaran yang menimbulkan kerusakan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Kebakaran hutan terbesar AS di New Mexico, api dekati Las Vegas
Baca juga: Kebakaran hutan Oregon berkobar di depan pasukan pemadam
Baca juga: Ancaman kebakaran semakin meningkat di seluruh California


Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2022