Hanoi (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Vietnam Bui Thanh Son akan menghadiri pertemuan para Menteri Luar Negeri ASEAN ( ASEAN Foreign Ministers’ Meeting/AMM) ke-55 di Kamboja.

Menteri Luar Negeri Kamboja Prak Sokhonn.mengundang rekan sejawatnya dari Vietnam Thanh Son untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri ASEAN itu yang akan berlangsung di Phnom Penh  mulai 2 hingga 6 Agustus 2022.

Rangkaian kegiatan antara lain, pertemuan antara para Menteri Luar Negeri ASEAN​​​​​​​ dengan negara-negara mitra dalam kerangka kerja ASEAN+1, ASEAN+3, dan KTT Asia Timur (EAS), pertemuan para Menteri Luar Negeri ASEAN​​​​​​​ dengan Inggris, kata Wakil Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam Pham Thu Hang, kepada Vietnamnews, Sabtu (23/7).

Sementara itu Menteri Son bersama dengan menteri luar negeri negara-negara ASEAN akan menghadiri pertemuan Komisi Zona Bebas-Senjata Nuklir (SEANWFZ) dan Komisi HAM ASEAN.

Sebagai koordinator negara untuk hubungan ASEAN dengan Korea Selatan, Menlu Son dan Menlu Korsel Park Jin akan menjadi ketua bersama pertemuan itu.

Ini adalah rangkaian pertemuan terpenting tahun ini antara para menteri luar negeri ASEAN dan dengan negara-negara mitra ASEAN.

Pada AMM ke-55 ini, Menteri luar negeri negara ASEAN akan membahas prioritas kerja sama pada 2022, proses pembentukan Komunitas ASEAN, tujuan pembangunan ASEAN pada 2025, tanggap COVID-19, hubungan eksternal ASEAN, sentralitas ASEAN, serta isu-isu regional dan internasional relevan lainnya.

Pertemuan antara ASEAN dan negara mitra akan berfokus pada penilaian dan arah masa depan kemitraan antara ASEAN dengan negara mitra, serta diskusi tentang isu-isu internasional dan regional yang menjadi perhatian bersama.

Thu Hang mengatakan masuknya Vietnam ke ASEAN menandai tonggak penting integrasi regional dan internasional yang luas di negara itu.

Dia mengatakan Vietnam telah mempromosikan integrasi yang luas dalam politik, ekonomi, diplomasi dan semua aspek kehidupan lainnya dengan negara serta organisasi lain di seluruh dunia.

Sumber : VNA-OANA

 

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2022