Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting melengkapi ragam berita ekonomi LKBN Antara pada Senin (25/7), mulai dari Menparekraf Sandiaga Uno yang akan mewadahi para remaja yang terlibat dalam tren Citayam Fashion Week (CFW) hingga Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan ekonomi Indonesia relatif baik di tengah situasi perekonomian global.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:


Sandiaga siap tingkatkan keahlian para remaja "Citayam Fashion Week"

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan siap mewadahi para remaja yang terlibat dalam tren Citayam Fashion Week (CFW) dengan pelatihan serta pendampingan untuk menaikkan keahlian mereka dengan upskilling, resklling, maupun newskilling di bidang fotografi dan videografi.

Hal tersebut ditujukan agar mereka tak menjadi one hit wonder, istilah yang merujuk kepada band/musisi yang terkenal karena satu lagu kemudian dilupakan, dalam arti hanya populer dalam jangka singkat.

Baca selengkapnya

 

BI : pelemahan Rupiah relatif lebih baik dibandingkan negara tetangga

Bank Indonesia (BI) menilai depresiasi atau pelemahan rupiah masih lebih baik dibandingkan mata uang negara-negara tetangga.

“Kita relatif lebih baik dibandingkan negara-negara lain, sebagai contoh sampai di Juli ini, 20 Juli ini, secara point to point kita terdepresiasi 4,9 persen, negara seperti Malaysia 6,42 persen, India 7,05 persen, dan Thailand 8,93 persen,” kata Kepala Grup Departemen Ekonomi dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia Wira Kusuma dalam diskusi FMB9 yang disaksikan secara daring, di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya

 

Airlangga minta akses pasar untuk ekspor tuna kaleng ke Jepang

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta akses pasar untuk ekspor tuna kaleng ke Jepang saat bertemu dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri (METI) Jepang Koichi Hagiuda.

“Kami melihat ada complementary antara demand di Jepang dan supply di Indonesia atas produk tuna ini, sehingga Indonesia berharap Jepang dapat menurunkan tarif untuk produk tuna Indonesia agar Indonesia memiliki level playing field yang sama dengan negara lain di kawasan,” kata Menko Airlangga dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya

 

Mendag rumuskan aturan guna wajibkan mini market pasok ke warung

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyatakan pihaknya tengah merumuskan peraturan yang bakal mewajibkan mini market untuk memasok komoditas ke warung-warung yang ada di sekitarnya.

Menurut Mendag, aturan tersebut diharapkan bisa meningkatkan perekonomian para warung-warung kecil. Dia mengaku memiliki ide tersebut sejak tahun 2004.

Baca selengkapnya

 

KSP: Ekonomi RI relatif baik di tengah melemahnya kondisi global

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan ekonomi Indonesia relatif baik di tengah situasi perekonomian global yang sedang tidak baik-baik saja karena meningkatnya harga komoditas energi dan pangan di pasar mancanegara.

“Saya ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa kondisi lingkungan global memang tidak sedang baik, dan kondisi ekonomi nasional kita relatif cukup baik karena pertumbuhan kita masih cukup tinggi dibandingkan negara-negara lain,” kata Moeldoko di Gedung Bina Graha, Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya

 

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2022